Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara
Vol. 1 No. 2 (2024): APRIL - MEI 2024

IMPLEMENTASI STRATEGI BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA ABAD 21 DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Khairunnisa Nisa (UIN KH. Abdurrahman Wahid)



Article Info

Publish Date
01 May 2024

Abstract

Di era abad ke-21, terjadi dampak yang sangat signifikan terhadap perkembangan sumber daya manusia yang mendukung bidang pendidikan Ada banyak cara untuk menerapkan strategi belajar yang efektif untuk Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Strategi pembelajaran Problame Based Learning adalah strategi belajar yang menggunakan kegiatan pemecahan masalah untuk mengembangkan strategi pembelajaran yang menanamkan pengetahuan dan keterampilan siswa agar mereka dapat berpartisipasi secara aktif. Penelitian ini bertujuan untuk melibatkan interaksi aktif dan eksplorasi konsep secara mendalam. Metode pengumpulan data menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Proses pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi menyeluruh kepada siswa. Hasil yang diperoleh yakni strategi based learning dilaksanakan dengan baik, efektif, aktif dan sesuai teori tahapan tahapan pemecahan masalah, Faktor pendukung seperti keterampilan guru, sarana dan prasarana yang tersedia Dan Faktor yang menghambat seperti sulit untuk memunculkan ide pada siswa, perbedaan tangkap pemahaman antara siswa satu dengan yang lain, dan keterbatasan waktu.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jicn

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara (JICN) adalah Jurnal Multi Disiplin Semua Bidang Ilmu sebuah publikasi yang melayani sebagai wadah bagi penelitian interdisipliner dan kolaboratif di berbagai bidang ilmu. Jurnal ini memperoleh keunggulan dengan mencakup berbagai disiplin ilmu, seperti ilmu ...