Di era abad ke-21, terjadi dampak yang sangat signifikan terhadap perkembangan sumber daya manusia yang mendukung bidang pendidikan Ada banyak cara untuk menerapkan strategi belajar yang efektif untuk Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Strategi pembelajaran Problame Based Learning adalah strategi belajar yang menggunakan kegiatan pemecahan masalah untuk mengembangkan strategi pembelajaran yang menanamkan pengetahuan dan keterampilan siswa agar mereka dapat berpartisipasi secara aktif. Penelitian ini bertujuan untuk melibatkan interaksi aktif dan eksplorasi konsep secara mendalam. Metode pengumpulan data menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Proses pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi menyeluruh kepada siswa. Hasil yang diperoleh yakni strategi based learning dilaksanakan dengan baik, efektif, aktif dan sesuai teori tahapan tahapan pemecahan masalah, Faktor pendukung seperti keterampilan guru, sarana dan prasarana yang tersedia Dan Faktor yang menghambat seperti sulit untuk memunculkan ide pada siswa, perbedaan tangkap pemahaman antara siswa satu dengan yang lain, dan keterbatasan waktu.
Copyrights © 2024