cover
Contact Name
Arif Fiandi
Contact Email
intelekcendikiawannusantara@gmail.com
Phone
+6285274823488
Journal Mail Official
ariffiandi03@gmail.com
Editorial Address
Jorong Nyiur, AGAM, Sumatera Barat
Location
Kab. agam,
Sumatera barat
INDONESIA
Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara
ISSN : -     EISSN : 30464560     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara (JICN) adalah Jurnal Multi Disiplin Semua Bidang Ilmu sebuah publikasi yang melayani sebagai wadah bagi penelitian interdisipliner dan kolaboratif di berbagai bidang ilmu. Jurnal ini memperoleh keunggulan dengan mencakup berbagai disiplin ilmu, seperti ilmu sosial, hukum, pertanian, pendidikan, ekonomi, manajemen, sejarah, komputer, kesehatan, sains alam, ilmu sosial, bahasa, humaniora, dan ilmu lainnya.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 656 Documents
ANALISIS PELAKSANAAN TAREKAT DALAM LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM TRADISIONAL Buyung Buy
Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara Vol. 1 No. 1 (2024): FEBRUARI - MARET 2024
Publisher : PT. Intelek Cendikiawan Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract Tarekat is the path that Sufis must take to get as close to God as possible, which then implies the existence of its own organization, shaykh, rituals, and forms of dhikr. The word tharîqah in the Quran is found nine times in five letters,15 namely Q.S. al-Nisâ'/4: 168-169; Q.S. Thâhâ/20: 63, 77, and 104; Q.S. al-Ahqâf/46: 30; Q.S. al-Mu'minûn/23: 17; Q.S. al-Jin/72: 11, and 16. All of the above verses boil down to one meaning, namely the path traveled, both the path of goodness and straightness and the path of misguidance. The type of writing in this article is literature revieu or literature, the data is described descriptively, so that it shows a scientific study that can be developed further. The results of this discussion are about the study of traditional Islamic education, namely Islamic education that focuses more on religious sciences alone by ignoring modern sciences, traditional Islamic education has long been known to us such as Madrasah, Pondok Pesantren, Surau and Meunasah. The implementation of tariqah in traditional Islamic educational institutions is to practice freely according to their own tastes (literally) and follow certain tariqah organizations and practice wirid or dhikr in accordance with the material and methods determined in the tariqah. Keywords: Implementation Analysis, Tariqah, Traditional Islamic Education Institutions Abstrak Tarekat adalah jalan yang harus ditempuh oleh para sufi untuk bisa sedekat mungkin dengan Tuhan, yang kemudian menyiratkan adanya organisasi, syekh, ritual, dan bentuk-bentuk zikir tersendiri. Kata tharîqah dalam al-Qur'an ditemukan sebanyak sembilan kali dalam lima surat,15 yaitu Q.S. al-Nisâ'/4: 168-169; Q.S. Thâhâ/20: 63, 77, dan 104; Q.S. al-Ahqâf/46: 30; Q.S. al-Mu'minûn/23: 17; Q.S. al-Jin/72: 11, dan 16. Semua ayat di atas bermuara pada satu makna, yaitu jalan yang dilalui, baik jalan kebaikan dan kelurusan maupun jalan kesesatan. Jenis penulisan dalam artikel ini adalah literature revieu atau kepustakaan, data-data diuraikan secara deskriptif, sehingga menunjukkan suatu kajian ilmiah yang dapat dikembangkan lebih lanjut. Hasil dari pembahasan ini adalah tentang kajian pendidikan Islam tradisional yaitu pendidikan Islam yang lebih menitikberatkan pada ilmu-ilmu agama saja dengan mengabaikan ilmu-ilmu modern, pendidikan Islam tradisional telah lama kita kenal seperti Madrasah, Pondok Pesantren, Surau dan Meunasah. Pelaksanaan tarekat dalam lembaga pendidikan Islam tradisional adalah mengamalkan secara bebas sesuai dengan selera masing-masing (secara harfiah) dan mengikuti organisasi tarekat tertentu serta mengamalkan wirid atau dzikir sesuai dengan materi dan metode yang telah ditentukan dalam tarekat tersebut. Kata kunci: Analisis Implementasi, Tarekat, Lembaga Pendidikan Islam Tradisional
PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI SISWA TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMPN 06 BENGKULU TENGAH: PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI SISWA TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMPN 06 BENGKULU TENGAH Halek Mu'min; Asni Yunita
Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara Vol. 1 No. 1 (2024): FEBRUARI - MARET 2024
Publisher : PT. Intelek Cendikiawan Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya pengaruh motivasi belajar dan motivasi siswa terhadap kecerdasan emosional mata pelajaran matematika di SMPN 06 Bengkulu Tengah. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan pendektan explanatory research. Populasi dalam penelitian adalah siswa SMP Negeri 06 Bengkulu Tengah. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunaakn teknik Quota Sampling dengan jumlah sampel penelitian 70 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yakni angket dan dokumentasi, dengan menggunakan regresi sebagai teknik pengolahan data dibantu oleh SPSS. Hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa a = 11.3320 : adalah nilai konstanta, dimana dipengaruhi oleh variable ( prestasi belajar), Variabel ( motivasi belajar) maka kecerdasan emosional sebesar 11.332. = 0.832 : adalah nilai koefisien regresi variable prestasi belajar memberikan nilai 0.832 (bertanda positif) yang berarti bahwa jika prestasi belajar naik sebesar 1 satuan maka variable kecerdasan emosional akan naik sebesar 0.832, dan disimpulkan bahwa jika prestasi belajar semakin baik maka kecerdasan emosional akan semakin baik pula artinya pengaruh yang simultan. = 0.459 adalah nilai koefisien regresi variable kemudahan berbelanja memberikan nilai 0.715 (bertanda positif) yang berarti bahwa jika motivasi belajar naik sebesar 1 satuan maka variable kecerdasarn emosional akan naik sebesar 0.459, dan disimpulkan bahwa jika motivasi belajar semakin baik maka kecerdasan emosional akan semakin baik pula. Standar error sebersar 4.745 artinya keseluruhan variable memiliki tingkat error atau kesalahan sebesar 4,745. Semakin rendah nilai standar error, semakin baik model regresi dalam menjelaskan variasi dalam data. Pengujian menggunakan SPSS diketahui kriteria hipotesis uji t ( partial ) variable prestasi yakni ditolak bila sign > 0.05 dan diterima bila sign > 0.05 hasil uji SPSS menunjukkan bahwa 0.832 dan 1.66792, sedangkan pada variabel motivasi yakniditolak bila sign > 0.05 dan diterima bila sign > 0.05 hasil uji SPSS menunjukkan bahwa 0.459 dan 1.66792. jadi dapat disimpulkan bahwa kecerdasan emosi dan motivasi belajar mempengaruhi prestasi belajar siswa SMP Negeri 06 Bengkulu Tengah.
PROSES INOVASI DALAM ORGANISASI Arif Fiandi
Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara Vol. 1 No. 1 (2024): FEBRUARI - MARET 2024
Publisher : PT. Intelek Cendikiawan Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses inovasi dalam organisasi pendidikan berdasarkan teori yang dikemukakan oleh para ahli. Metode penelitian yang digunakan adalah kajian literatur. Inovasi organisasi adalah upaya terkelola dari suatu organisasi untuk mengembangkan produk atau layanan baru, atau penggunaan baru untuk produk dan layanan yang ada. Organisasi harus membuka ruang bagi setiap orang dalam organisasi untuk berinovasi. Inovasi semua elemen dalam suatu organisasi dengan menemukan ide-ide baru, ide-ide cemerlang, dan dengan mencoba cara-cara baru yang lebih efektif akan mampu menjadikan organisasi lebih maju dan dinamis. Tanpa inovasi, organisasi akan statis dan sulit maju dalam mewujudkan visi dan misi yang telah ditetapkan. Proses inovasi organisasi terdiri dari tiga tahap yaitu: tahap awal, tahap implementasi dan tahap rutin (berkelanjutan).
PEMBIAYAAN PENDIDIKAN ISLAM Edi Warmanto
Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara Vol. 1 No. 1 (2024): FEBRUARI - MARET 2024
Publisher : PT. Intelek Cendikiawan Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pembiayaan pendidikan islam khususnya di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research). Pembiayaan pendidikan adalah segenap kegiatan yang berkenaan dengan penataan sumber, penggunaan, dan pertanggungjawaban biaya di sekolah atau lembaga pendidikan islam. Lembaga Pendidikan islam yang umum dan banyak terdapat di Indonesia adalah madrsah dan pesantren. Pembiayaan pada sebuah lembaga pendidikan begitu penting untuk menentukan program pendidikan untuk dapat berjalan dan berkembang. Tanpa adanya pembiayaan pendidikan, maka pendidikan akan tersendat hingga akhirnya tidak beroperasi. Adapun sumber pembiayaan pendidikan islam di Indonesia antara lain: Pemerintah, melalui dana BOS dan BSM, Yayasan, Masyarakat melalui SPP, Donatur dana luar negeri melalui dana hibah bersumber dari Makkah dan Madinah. Seluruh sumber dana di atas, bekerjasama dengan jasa perbankan untuk menyimpan keseluruhan dana tersebut.
UPDATE ON THE PHARMACOLOGICAL ACTIVITY OF VINCRISTINE FROM TAPAK DARA (CATHARANTHUS ROSEUS L.) Faisal Akhmal Muslikh; Fendy Prasetyawan
Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara Vol. 1 No. 1 (2024): FEBRUARI - MARET 2024
Publisher : PT. Intelek Cendikiawan Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Indonesia ranks second in terms of terrestrial biodiversity after Brazil. Around 15,000 plant species in Indonesia have the potential for medicinal use, but only about 7,000 species have been utilized as raw materials for medicine. One common plant in Indonesia is the periwinkle (Catharanthus roseus L.), which grows both wild and cultivated as an ornamental plant. This plant has various benefits, including its potential as an anticancer agent due to the presence of vincristine and vinblastine compounds. This study aims to present the latest information on pharmacological activity testing of vincristine, in addition to its documented use as an anticancer agent. The methodology of this research was conducted using the Way2Drug webtool (https://www.way2drug.com/passonline/predict.php), with the SMILES of the vincristine compound obtained from PubChem (https://pubchem.ncbi.nlm.nih.gov/). The results showed that vincristine has a very high potential for cytostatic activity based on a Pa value (probability "to be active") of 0.988. Thus, it can be concluded that vincristine has significant potential in cytostatic pharmacological activity.
STRATEGI DAKWAH MELALUI KREATIVITAS SANTRI DALAM MEWUJUDKAN ECO PESANTREN DI PONDOK PESANTREN ASY-SYARIFY PANDANWANGI KECAMATAN TEMPEH KABUPATEN LUMAJANG Zainul Arifin
Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara Vol. 1 No. 1 (2024): FEBRUARI - MARET 2024
Publisher : PT. Intelek Cendikiawan Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The Eco pesantren program as a model of environmental education in pesantren has attracted the attention of scientists and researchers, and nationally the Ministry of Environment in collaboration with the Ministry of Religious Affairs launched the program on 5-6 March 2008 in Pondok Gede. The purpose of this research is to find out "Iimpleimeintasii Peinitiatatan Kreiatiiviitas Santrii Peisantrein Asy-Syariifiiy in Realizing Eco Peisantrein dii pondok peisantrein Asy-Syariifiiy" This research uses descriptive qualitative methods to understand the implementation or application carried out related to increasing the creativity of Asy-Syarifity Islamic boarding school students. Data obtained through interviews, In-depth interviews will be conducted with Kiai, Ustad and education staff who have experience in the implementation of performance management in this pesantrem. The interview will focus on their understanding of the strategies that have been used and the challenges faced in increasing the creativity of students. In addition, open-ended questions will be used to explore their views and experiences in more depth. Participatory observation will be carried out by researchers by being in the pesantren environment and involved in daily activities. This observation will provide insight into the Iimpleimeintasii Strateigii kreiatiiviitas santrii in realizing Eico Peisantrein dii Pondok Peisantrein Asy-syariifiiy Pandanwangii District Teimpeih Kabupatein Lumajang.then analyzed to identify the creativity of students in realizing eco pesantren antrii Peisantrein Asy-Syariifiiy. The results of this research in realizing eco pesantren through the creativity of students include the activities of beirsiih liingkungan, piikeit harian santrii, and cleaning peikanan which is carried out once a week which is carried out every Friday by the students and also cottage teachers who are supervised and accompanied directly by asatidz and caregivers
CHALLENGES IN REGULATION AND OPPORTUNITIES IN SHARIA FINANCIAL MANAGEMENT Arizal Hamizar; Jacsy Tubalawony; Afdhal Yaman; Kamaruddin
Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara Vol. 1 No. 1 (2024): FEBRUARI - MARET 2024
Publisher : PT. Intelek Cendikiawan Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research aims to explore the fundamental concepts of Islamic finance management, its principles, sources of funding, as well as Sharia financial products and innovations available from a theoretical perspective based on related literature. The study also discusses the changing global economic context, the complexity of Sharia financial regulations and standards, and the challenges and opportunities faced in the development of products, human resource education, and social and environmental responsibilities. The research findings indicate that Islamic finance management faces complex challenges and opportunities in dealing with the current dynamics of the global economy. The adoption of information technology and digital innovation has opened up new opportunities to enhance accessibility, operational efficiency, and customer experience in the Islamic finance industry. However, challenges such as regulatory complexity and standards, as well as the need for skilled human resources in Islamic economic principles, remain a primary focus in ensuring the growth and sustainability of the Islamic finance industry.
PROSES PEMBENTUKAN KONFORMITAS DALAM PENDAMPINGAN ANAK YANG BERHADAPAN DENGAN HUKUM DI KOTA TANJUNGPINANG Venny Herdany; Siti Arieta; Suryaningsih
Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara Vol. 1 No. 1 (2024): FEBRUARI - MARET 2024
Publisher : PT. Intelek Cendikiawan Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Conformity is the behavior or actions of individuals in adjusting the positive norms and values applied in society. One of the crimes committed by children is theft. Children involved in criminal activity basically lack self-control. Children in conflict with the law are children aged 12 to 18 years who are in conflict with the law. Children who are paroled are returned to their parents and reintegrated into society. The Tanjung Unggat area is one of the places where children who commit crimes live. Children who receive prison sentences and have received parole will be returned to their parents and return to the community. So that the return of children dealing with the law experiences readjustment to the environment. Robert K. Merton defines conformity as the adjustment of individuals in heeding to society, with conformity through normative, agreement, obedience, cohesiveness and informational means.This research uses a descriptive type qualitative approach. The results of the research on the process of obedience of children accustomed to doing 5-time prayers because when they are in prison if they do not pray they will get a witness through this pressure the child becomes obedient. Children also make agreements by obeying the rules of limiting night out. Through the process of choosing to.
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA KONTEKSTUAL BERBASIS BUDAYA LOKAL MASYARAKAT DESA LAMAWALANG PADA KONSEP TRANFORMASI GEOMETRI Maria Sesilia Wati Kelen; Bernadus Bin Frans Resi; Theodora Marieta Novita Tobi
Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara Vol. 1 No. 1 (2024): FEBRUARI - MARET 2024
Publisher : PT. Intelek Cendikiawan Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan pembelajaran matematika kontekstual berbasis budaya lokal masyarakat Desa Lamawalang pada siswa SMA yang berkaitan dengan konsep tranformasi geometri. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober-Desember 2022. Jenis penelitian yang digunakan yakni deskriptif kualitatif. Subjek penelitian penenun dan siswa SMA. Peneliti akan menilite tentang kain tenun lalu mengimplementasikan pada siswa SMA. Tahap-tahap penelitian menggunakan metode etnografi terdiri dari menggambarkan, mendeskripsikan dan menganalisis. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara tidak terstruktur, dokumentasi dan tes tertulis mengenai tranformasi geometri. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa SMA di Desa Lamawalang sudah dapat menyelesaikan masalah kontekstual berbasis budaya lokal yang berkaitan dengan konsep-konsep transformasi geometri. Siswa mampu menyelesaikan masalah dengan menentukan motif dasar dari motif kae kwatek biasa, menunjukan perubahan pada motif dasar, serta menjelaskan tjenis tranformasi geometri yang digunakan.
PELATIHAN TEKNOLOGI KECERDASAN BUATAN UNTUK PENINGKATAN PRODUKTIVITAS GURU SMK DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SMKN 1 GORONTALO Tri Pratiwi Handayani; Alimuddin Yasin; Moh. Nasrul Arief Setiawan
Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara Vol. 1 No. 1 (2024): FEBRUARI - MARET 2024
Publisher : PT. Intelek Cendikiawan Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam era digital saat ini, teknologi kecerdasan buatan (AI) telah menunjukkan pertumbuhannya yang pesat dan aplikasinya yang luas dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Pengabdian masyarakat ini berfokus pada pelatihan bagi guru SMK dalam bidang Desain dan Komunikasi Visual mengenai pemanfaatan dua teknologi AI, yaitu ChatGPT dan DALL·E. Menggunakan metode pelatihan berbasis diskusi, simulasi, dan praktek langsung, tujuan utama dari pelatihan ini adalah untuk memperkaya metode pembelajaran guru dengan integrasi teknologi mutakhir, serta meningkatkan kualitas pendidikan SMK dalam mempersiapkan siswa untuk Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI). Hasil dari pelatihan menunjukkan bahwa guru SMK merasa lebih percaya diri dalam mengintegrasikan AI ke dalam kurikulum mereka. Namun, ditekankan juga pentingnya pendekatan yang hati-hati dalam penerapannya untuk meminimalisir bias dan kesalahan interpretasi. Kesimpulannya, pelatihan teknologi AI bagi guru SMK memiliki potensi besar untuk memperkaya metode pengajaran dan meningkatkan kesiapan siswa dalam menghadapi era industri 4.0.

Page 1 of 66 | Total Record : 656