ArtComm : Jurnal Komunikasi dan Desain
Vol 7 No 1 (2024): ArtComm

Perancangan Media Kampanye Program “Cegah Stunting, Itu Penting!” oleh Puskesmas Pasirjambu Kabupaten Bandung

Nichi Hana Karlina (Desain Komunikasi Visual, Fakultas Komunikasi dan Desain, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia)
Mohamad Hilman Suparman (Desain Komunikasi Visual, Fakultas Komunikasi dan Desain, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2024

Abstract

Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis sehingga anak terlalu pendek untuk usianya. UPTK Puskesmas Pasirjambu mencatat kasus stunting selama tahun 2022, dari 608 balita yang diukur tinggi badannya terdapat 77 anak mengalami stunting. Meskipun program "Cegah Stunting, Itu Penting" telah berjalan selama 3 tahun, media kampanye yang dimiliki seperti materi PowerPoint, leaflet, atau kartu tentang stunting dinilai kurang menarik dan masih belum efektif. Kondisi ini tentunya menjadi hambatan dalam upaya pencegahan stunting di wilayah tersebut. Sehingga perlu dirancang media kampanye tersebut dengan desain yang informatif dan menarik yang ditujukan kepada para ibu hamil di Kecamatan Pasirjambu. Metode yang digunakan dalam perancangan ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan kuesioner. Perancangan media kampanye ini bertujuan untuk memberikan informasi dan pengetahuan sedini mungkin kepada ibu hamil sebagai bentuk kepedulian dan kesadaran dalam pencegahan stunting yang sedang terjadi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ArtComm

Publisher

Subject

Arts Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal ArtComm : Jurnal Komunikasi dan Desain sebagai media untuk mempublikasikan tulisan ilmiah: hasil penelitian, hasil pemikiran (gagasan konseptual), hasil perancangan Desain, Desain Komunikasi Visual, Seni Rupa, Ilmu Komunikasi, Studi Media, Komunikasi Massa dan Jurnalisme, Strategi Komunikasi, ...