Jurnal Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education
Vol. 5 No. 2 (2023): EDISI OKTOBER

ANALISIS PENGARUH BEASISWA KIP TERHADAP PRESTASI MAHASISWA IAI AL MUHAMMAD CEPU DENGAN PENDEKATAN VARIABEL DUMMY

EKO HARYONO (IAI Al Muhammad Cepu)



Article Info

Publish Date
07 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini penting untuk mengetahui dampak dari program beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) kuliah terhadap prestasi mahasiswa di IAI Al Muhammad Cepu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel dummy (KIP-K) terhadap prestasi mahasiswa. KIP-K adalah program beasiswa yang diperkenalkan oleh pemerintah Indonesia untuk mendukung pendidikan mahasiswa dari keluarga kurang mampu. Metode penelitian yang digunakan adalah mix model sequential explanatory dengan tahapan analisis data kuantiatif analisis regresi variabel dummy dan dilanjutkan analisis data kualitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel dummy KIP-K memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi mahasiswa. Koefisien regresi variabel dummy KIP-K adalah 0.310351 dengan nilai signifikansi sebesar 0.0000. Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa penerima KIP-K cenderung memiliki prestasi akademik yang lebih baik dibandingkan dengan mahasiswa non-penerima KIP-K. Hasil analisis kuantitatif ini didukung oleh hasil analisis kualitatif dengan 5 kategori kualitatif : kebermanfaatan 93%, memotivasi 87%, fokus dalam proses pembelajaaran 93%, referensi 80%, 67% pencarian sumber informasi. Penelitian dapat memberikan kontribusi dan memberikan wawasan yang berharga tentang efektivitas program beasiswa KIP-K dalam mencapai tujuan sosial dan ekonomi yang diharapkan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

reimann

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education Journal Riemann is peer-reviewed journal that contains the work of the field of educational research or teaching mathematics, mathematics, mathematical applications, mathematical computerization, and models of mathematics education in the ...