cover
Contact Name
Siti Suprihatiningsih
Contact Email
s.suprihatiningsih@sanagustin.ac.id
Phone
+6282251216968
Journal Mail Official
riemann@sanagustin.ac.id
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Katolik Santo Agustinus Hippo Jl. Ilong, Dusun Gasing Pal 4, Amboyo Utara, Ngabang, Landak - Kalimantan Barat Email: riemann@sanagustin.ac.id Website: https://www.sanagustin.ac.id
Location
Kab. landak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Jurnal Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education
ISSN : 2721883X     EISSN : 27218848     DOI : https://doi.org/10.38114/pgnbcd43
Core Subject : Education,
Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education Journal Riemann is peer-reviewed journal that contains the work of the field of educational research or teaching mathematics, mathematics, mathematical applications, mathematical computerization, and models of mathematics education in the learning process. Journal Riemann is published Thrice a year, every April, September, and December. The focus and scope of the Journal Riemann covers the following topics: Mathematics Teaching Mathematical Applications Mathematical Computerization Model of Mathematics Education
Articles 20 Documents
PENGARUH MEDIA WORDWALL DAN MOTIVASI DALAM KURIKULUM MERDEKA BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI STRATEGIS SISWA MUHAMMAD SYARIFUDDIN RAHMAN; MUH ZAID; GUSNAWATI B; RUSTINAH
Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education Vol. 5 No. 2 (2023): EDISI OKTOBER
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Katolik Santo Agustinus Hippo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38114/dwq2fe78

Abstract

Melalui pembelajaran matematika, siswa dapat menggunakan banyak strategi dalam menelesaikan masalah yang dihadapi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuasn kompetensi strategis siswa yang dipengaruhi oleh motivasi belajar dan penggunaan media pembelajaran wordwall. Penelitian ini telah dilaksanakan pada kelas V SDN 31 Tumampua V Kabupaten pangkajene dengan kemampuan matematika yang setara. Pengumpulan data dilakukan mengunakan instrumen kompetensi strategis yaitu soal matematika yang berbentuk essay test sebanyak 5 nomor, instrumen efektivitas penggunaan media wordwal berupa angket tertutup dengan skala likert serta instrument motivasi belajar juga berupa angket dengan skala likert. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh secara bersama-sama antara penggunaan media wordwall dan motivasi belajar secara positif dan signifikan terhadap kompetensi strategis siswa.
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MONTESSORI TERHADAP PRESTASIBELAJARMATEMATIKASISWATUNAGRAHITADI SLB TUNAS SEJAHTERA SLEMAN NURATUL FAJAR; LUQMAN HIDAYAT
Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education Vol. 5 No. 2 (2023): EDISI OKTOBER
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Katolik Santo Agustinus Hippo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38114/rfgdrd73

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media montessori terhadap prestasi belajar matematika siswa tunagrahita di SLB Tunas Sejahtera Sleman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dan menggunakan desain penelitian one grup pretest posstest design. Lokasi penelitian ini yaitu dilaksanakan di SLB Tunas Sejahtera Sleman dengan subyek penelitian yaitu peserta didik yang berjumlah 6 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan test tertulis yaitu berupa pretest dan posttest. Penelitian ini merupakan penelitian non parametrik dengan menggunakan uji rangking bertanda wilcoxon pada taraf signifikan α=5%. Berdasarkan hasil analisis yang sudah diperoleh dengan pengujian hipotesis yaitu diperoleh nilai Z = -2.226 dengan Asymp Sig. (2-tailed) 0,026 yang berada dibawah 0,05 yang artinya nilai Asymp Sig. (2-tailed) lebih kecil (<) dari 0,05. Maka dapat diartikan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media montessori terhadap prestasi belajar matematika siswa tunagrahita di SLB Tunas Sejahtera Sleman.
ANALISIS PENGARUH BEASISWA KIP TERHADAP PRESTASI MAHASISWA IAI AL MUHAMMAD CEPU DENGAN PENDEKATAN VARIABEL DUMMY EKO HARYONO
Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education Vol. 5 No. 2 (2023): EDISI OKTOBER
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Katolik Santo Agustinus Hippo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38114/y5tj1y42

Abstract

Penelitian ini penting untuk mengetahui dampak dari program beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) kuliah terhadap prestasi mahasiswa di IAI Al Muhammad Cepu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel dummy (KIP-K) terhadap prestasi mahasiswa. KIP-K adalah program beasiswa yang diperkenalkan oleh pemerintah Indonesia untuk mendukung pendidikan mahasiswa dari keluarga kurang mampu. Metode penelitian yang digunakan adalah mix model sequential explanatory dengan tahapan analisis data kuantiatif analisis regresi variabel dummy dan dilanjutkan analisis data kualitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel dummy KIP-K memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi mahasiswa. Koefisien regresi variabel dummy KIP-K adalah 0.310351 dengan nilai signifikansi sebesar 0.0000. Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa penerima KIP-K cenderung memiliki prestasi akademik yang lebih baik dibandingkan dengan mahasiswa non-penerima KIP-K. Hasil analisis kuantitatif ini didukung oleh hasil analisis kualitatif dengan 5 kategori kualitatif : kebermanfaatan 93%, memotivasi 87%, fokus dalam proses pembelajaaran 93%, referensi 80%, 67% pencarian sumber informasi. Penelitian dapat memberikan kontribusi dan memberikan wawasan yang berharga tentang efektivitas program beasiswa KIP-K dalam mencapai tujuan sosial dan ekonomi yang diharapkan.
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR STATISTIKA MAHASISWA BERDASARKAN GENDER NOPITA SARI; YUMI SARASSANTI; ALI HASMY
Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education Vol. 5 No. 2 (2023): EDISI OKTOBER
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Katolik Santo Agustinus Hippo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38114/5kwqfd70

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar mahasiswa berdasarkan gender pada mahasiswa Jurusan PAI FTIK IAIN Pontianak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Data nilai hasil belajar mahasiswa yang berasal dari nilai UAS. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswaJurusanPAIFTIKIAINPontianak.Adapun sampeldalampenelitianiniadalah mahasiswa semester V terdiri dari empat kelas Tahun Ajaran 2021/2022. Berdasarkan hasil analsis data uji independent sample t-tes dengan menngunakan analisis program SPSS versi 20.0 didapatkan niai signifikansi 2 tailed 0,007 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar mahasiswa berdasarkan gender pada mahasiswa semester V Jurusan PAI FTIK IAIN Pontianak.
PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 RANTAU UTARA SANGKOT IDRIS RITONGA; RANI ANGGRAENI; ENDI ZUNAEDY PASARIBU; WAHYU AZHAR RITONGA; RIZKI KURNIAWAN RANGKUTI; SITI SUPRIHATININGSIH
Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education Vol. 5 No. 2 (2023): EDISI OKTOBER
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Katolik Santo Agustinus Hippo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38114/qd3qkb13

Abstract

Penelitian ini dengan judul pengaruh pembelajaran matematika realistik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas X SMA Negeri 2 Rantau Utara. Dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pembelajaran matematika realistik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung = 5,959 dan ttabel= 1,994 pada taraf signifikan α = 0,05 dan dk = n1 + n2 – 2 =70 sehingga terlihat bahwa thitung > ttabel (5,959 > 1994) maka ha diterima dan h0 ditolak, sehingga terdapat pengaruh pembelajaran matematika realistik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas X SMA Negeri 2 Rantau Utara.
UPAYA MENINGKATKANHASIL BELAJARMATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) DI KELAS XI SMK NEGERI 1 BASO SALIM AHMAD
Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education Vol. 5 No. 2 (2023): EDISI OKTOBER
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Katolik Santo Agustinus Hippo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38114/pg86tf62

Abstract

Metode belajar yang di dominasi oleh guru memberikan dampak negatif salah satunya terhadap rendahnya prestasi belajar siswa. Pembelajaran tersebut tidak memberikan peluang kepada siswa untuk mengkonstruksi sendiri pengetahuannya. Sehingga dampak yang ditimbulkan adalah siswa mudah melupakan materi yang diajarkan dan berakibat pada rendahnya prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan menerapkan model pembelajaran yang berpusat kepada siswa agar terjadinya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization). Penelitian ini berjenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak tiga siklus. Berdasarkan hasil penelitian, terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa setiap siklusnya setelah diterapkannya model pembelajaran TAI. Persentase aktivitas siswa pada siklus satu sebesar 66,67%, siklus dua sebesar 73, 34%, dan siklus tiga 83, 34 %. Sedangkan persentase hasil belajar siswa pada siklus satu sebesar 60%, siklus dua 73,33%, dan siklus tiga sebesar 80%. Dari hal tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TAI efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
ANALISIS KESALAHAN SISWA MENURUT TEORI NEWMAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DI KELAS VIII RIAN; WIKE ELLISSI; BERNADUS BIN FRANS RESI
Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education Vol. 5 No. 2 (2023): EDISI OKTOBER
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Katolik Santo Agustinus Hippo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38114/s8nvrf44

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan jenis kesalahan siswa dan faktor-faktor penyebab terjadinya kesalahan siswa menurut teori Newman dalam menyelesaikan soal cerita pada materi teorema Pythagoras di kelas VIII SMPN 2 Ngabang. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, dan dokumen. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kesalahan yang paling banyak terjadi atau yang menempati urutan pertama adalah kesalahan keterampilan proses, kemudian urutan kedua adalah kesalahan transformasi, diurutan ketiga ada kesalahan memahami, dan diurutan keempat ada kesalahan penulisan jawaban akhir. Untuk kesalahan membaca, tidak terjadi pada subjek penelitian. Adapun faktor-faktor penyebab terjadinya kesalahan yakni siswa tidak menuliskan hal yang diketahui dan ditanya dalam soal, salah dalam menentukan rumus teorema Pythagoras, tidak teliti dalam melakukan proses perhitungan, salah dalam menggunakan operasi hitung, tidak memperoleh hasil akhir, tidak membuat kesimpulan, terjadi kebinggungan dalam menyelesaikan soal serta tidak menuliskan jawaban pada lembar soal.
IDENTIFIKASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI INTEGRAL TAK TENTU SISWA KELAS XI AKL SMK MANIAMAS NGABANG SEPRIANI LILIANA; AGUS HERIANTO; KONSTANSIA HERMIATI
Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education Vol. 5 No. 2 (2023): EDISI OKTOBER
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Katolik Santo Agustinus Hippo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38114/26xygk62

Abstract

Berpikir kritis adalah sebuah aktivitas mental manusia dalam mengumpulkan, mengklasifikasi, menganalisis, dan mengevaluasi informasi untuk menarik kesimpulan guna memecahkan suatu masalah. Kemampuan berpikir kritis dalam penelitian ini diukur berdasarkan indikator Interpretasi, Analisis, Evaluasi, dan Inferensi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa pada materi integral tak tentu. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah 30 siswa kelas XI AKL SMK Maniamas Ngabang. Terdapat dua sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu soal tes tertulis dan hasil wawancara (sebagai sumber data primer) dan dokumentasi (sebagai sumber data sekunder). Hasil Penelitian menunjukan bahwa 56,67% subjek tergolong dalam siswa yang kemampuan berpikir kritisnya tinggi, 23,33% subjek tergolong dalam siswa yang kemampuan berpikir kritisnya sedang, 20% subjek tergolong dalam siswa yang kemampuan berpikir kritisnya rendah.
PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK MENURUT TREFFERS PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL BERNADUS BIN FRANS RESI; MARIA KATHARINA B.U MAWAR; WIKE ELLISSI
Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education Vol. 5 No. 2 (2023): EDISI OKTOBER
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Katolik Santo Agustinus Hippo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38114/8t1fj327

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode PMR pada pembelajaran matematika yang dikemukakan oleh Treffers pada materi aritmatika sosial. Penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah mahasiswa program studi pendidik matematika yang sedang menyelesaikan skripsi. Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus 2023. Penggunaan lembar kerja, observasi, dan dokumentasi digunakan sebagai metode pengumpulan data. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/kesimpulan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa metode pengajaran matematika Treffers melibatkan penggunaan pertanyaan konteks spesifik, model matematika, hasil yang dikonstruksi siswa, interaksi, dan interkoneksi.
ANALISIS PENALARAN KUANTITATIF SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) BERDASARKAN KATEGORISASI DWYER FAJRIYAH RACHMATIKA; LINDA DEVI FITRIANA
Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education Vol. 5 No. 2 (2023): EDISI OKTOBER
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Katolik Santo Agustinus Hippo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38114/he85ze44

Abstract

Penalaran kuantitatif merupakan salah satu penalaran yang harus dipelajari oleh siswa karena dengan mengembangkan penalaran kuantitatif dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami dan memecahkan masalah sehari-hari, number sense, perhitungan mental, dan menemukan solusi dari masalah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dan bertujuan untuk mendeskripsikan penalaran kuantitatif berdasarkan kategorisasi dari Dwyer yang mencakup sembilan kemampuan fundamental penalaran kuantitatif. Enam siswa dengan kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah diminta untuk memecahkan masalah matematika dan kemudian diwawancarai. Secara umum, hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan penalaran kuantitatif di antara berbagai kemampuan matematis. Siswa dengan kemampuan matematika tinggi mampu menunjukkan 9 kemampuan penalaran kuantitatif yang terdiri dari menyajikan informasi yang diketahui dan ditanyakan dalam berbagai bentuk, menunjukkan hubungan antar informasi kuantitatif, menarik kesimpulan berdasarkan hasil interpretasi, menentukan dan menerapkan metode aritmatika, aljabar, geometri, atau statistic, mengestimasi jawaban, memeriksa jawaban dan menyadari terjadi kesalahan dalam proses pemecahan masalah, memaparkan seluruh informasi kuantitatif, dan menunjukkan keterbatasan metode matematis yang digunakan. Sedangkan untuk siswa dengan kemampuan matematika sedang hanya memenuhi 7 kemampuan dan siswa dengan kemampuan rendah hanya bisa menunjukkan 3 dari 9 kemampuan penalaran kuantitatif. Diharapkan dengan mengetahui penalaran kuantitatif siswa, guru dapat memberikan pembelajaran yang tepat sehingga pembelajaran yang diberikan kepada siswa lebih optimal.

Page 1 of 2 | Total Record : 20