Jurnal Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education
Vol. 6 No. 1 (2024): EDISI APRIL

TINGKATAN BERPIKIR KREATIF TARUNA NAUTIKA DALAM PROSES ABSTRAKSI GEOMETRI MELALUI GEOGEBRA

LUTHFIANA TARIDA (Akademi Maritim Nusantara Cilacap)
DEDEH SURYANI (Akademi Maritim Nusantara Cilacap)
MUNDHOFAR (Akademi Maritim Nusantara Cilacap)



Article Info

Publish Date
24 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkatan berpikir kreatif mahasiswa Nautika dalam proses abstraksi geometri melalui GeoGebra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif. Penelitian ini melibatkan dua dari 40 mahasiswa/ taruna Semester IV (empat) Program Studi Nautika, dengan kode Subjek S1 dan Subjek S2. Kedua mahasiswa tersebut dipilih berdasarkan kemampuan awal matematika setara yang diperoleh dari hasil tes kemampuan matematika. Selanjutnya kedua mahasiswa diberikan tugas pemecahan masalah dan wawancara untuk mendeskripsikan tingkatan berpikir kreatif dalam proses abstraksi geometri. Analisis data penelitian ini menggunakan model interaktif. Temuan penelitian ini menginformasikan bahwa Subjek S1 dan Subjek S2 memiliki perbedaan pada tingkatan berpikir kreatif dalam proses abstraksi geometri. Subjek S1 hanya mencapai struktur mental “proses” dalam proses abstraksi pada tingkat berpikir kreatif level 2 (observasi berpikir). Subjek S2 mencapai struktur mental “objek” dalam proses abstraksi sehingga berada pada tingkat berpikir kreatif level 3 (strategi berpikir). Perbedaan hasil tersebut dapat menjadi tema penelitian selanjutnya, sehingga diketahui latar belakang selain kemampuan awal matematika yang berpotensi mempengaruhi tingkatan berpikir kreatif mahasiswa Nautika dalam proses abstraksi geometri. Hasil penelitian ini juga menyimpulkan bahwa tidak ada subjek yang mencapai tingkatan berpikir kreatif pada level yang paling tinggi, yaitu level 4 (berpikir reflektif). Dengan demikian tidak ada subjek yang melakukan seluruh proses abstraksi berdasarkan teori APOS. Oleh karena diperlukan peningkatan kualitas pembelajaran yang dapat mendorong kemampuan berpikir kreatif dan proses abstraksi mahasiswa Nautika.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

reimann

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education Journal Riemann is peer-reviewed journal that contains the work of the field of educational research or teaching mathematics, mathematics, mathematical applications, mathematical computerization, and models of mathematics education in the ...