Abstrak Penelitian bertujuan untuk mengevaluasi kemampuan operasi hitung mata uang pada siswa tunagrahita di SLB Bina Siwi. Menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode eksperimen one grup pre-test post-test design, dilakukan penelitian yang melibatkan 6 siswa dengan tahapan pre-test, treatment, dan post-test. Pengumpulan data dilakukan melalui tes tertulis berupa pilihan ganda dan isian singkat, dengan analisis menggunakan teknik statistik nonparametris dan uji Wilcoxon Sign Rank Test. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada kemampuan operasi hitung mata uang pada siswa tunagrahita setelah perlakuan, ditunjukkan dengan nilai rata-rata post-test yang lebih tinggi daripada nilai pre-test. Uji statistik menegaskan bahwa terdapat pengaruh positif dari permainan monopoli terhadap kemampuan tersebut, dengan nilai probabilitas yang signifikan secara statistik (0,027<0,05). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa permainan monopoli memiliki pengaruh dalam meningkatkan kemampuan operasi hitung mata uang pada siswa tunagrahita di SLB Bina Siwi.
Copyrights © 2024