Pembelajaran matematika di SMA Muhammadiyah Padangpanjang cukup optimal, namun penggunaan dan pengembangan media pembelajaran matematika oleh pendidik masih tergolong lemah, media yang digunakan pendidik hanya buku paket dan pendidik menggunakan metode ceramah yang kurang menarik perhatian siswa untuk belajar matematika. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media pembelajaran digital pocket book berbasis problem based learning pada pembelajaran matematika kelas XI SMA Muhammadiyah Padangpanjang yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Hasil analisis data validitas pengembangan media pembelajaran digital pocket book berbasis problem based learning pada pembelajran matematika kelas XI SMA Muhammadiyah Padangpanjang memenuhi kriteria valid. Persentase validitas produk sebesar . Hasil analisis data praktikalitas memperoleh persentase dengan kategori sangat praktis. Hasil analisis data efektivitas memperoleh persentase dengan kriteria sangat efektif. Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran digital pocket book berbasis problem based learning pada pembelajaran matematika kelas XI SMA Muhammadiyah Padangpanjang dapat digunakan, karena memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Kata Kunci: Digital Pocket Book, Poblem Based Learning, Operasi Aljabar Pada Matriks
Copyrights © 2024