Menara Ilmu
Vol 18, No 2 (2024): Vol 18 No. 02 JANUARI 2024

Aktivitas Penghambatan Pertumbuhan Jamur Malassezia furfur dari Sediaan Shampo Ekstrak Etanol Daun Kopi Arabika (Coffea arabica L.)

Yahdian Rasyadi (Universitas Baiturrahmah Padang)
Diana Agustin (Fakultas Farmasi Universitas Perintis Indonesia)
Octaviana Gunawan (Fakultas Farmasi Universitas Perintis Indonesia)
Selvi Merwanta (STIKES Ranah Minang)



Article Info

Publish Date
18 Jan 2024

Abstract

AbstrakRambut berketombe pada saat ini masih menjadi masalah utama pada hampir semua individu. Penyebab ketombe disebabkan adanya peranan mikroorganisme jamur Malassezia furfur di kulit kepala yang menghasilkan suatu metabolit yang dapat menginduksi terbentuknya ketombe di kulit kepala. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat aktivitas penghambatan pertumbuhan jamur Malassezia furfur dari sediaan shampo ekstrak etanol daun kopi arabika (Coffea arabica L.). Ekstrak etanol daun kopi arabika (Coffea arabica L.) dibuat dalam bentuk sediaan shampoo dengan kandungan esktrak masing-masingnya adalah 0%(F0), 15%(F1), 20%(F2), 30%(F3), 45%(F4) dan 60%(F5). Shampo ekstrak etanol daun kopi arabica yang telah dibuat diuji aktivitas antijamurnya terhadap jamur Malassezia furfur dengan metode difusi cakram. Hasil uji aktivitas antijamur Shampo F0-F5 terhadap jamur Malassezia furfur didapatkan dengan rentang diameter rata-rata antara 10,23-10,88 mm. Daya hambat sediaan paling tinggi terdapat pada formula F5.Kata Kunci: shampo, antiketombe, Coffea arabica L, antijamur, Malassezia furfur. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

menarailmu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Education

Description

MENARA ILMU, Merupakan Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah yang Diterbitkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Penyunting menerima kiriman naskah hasil kajian dan penelitian untuk bidang Eksakta, pendidikan/sosial dan Agama Islam untuk ...