Teknologi tentunya telah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Tak terkecuali perkembangan pada dunia telekomunikasi. Perkembangan telekomunikasi ini dapat dilihat dari layanan internet yang sangat dibutuhkan manusia untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Teknologi telekomunikasi menunjang kegiatan manusia seperti pembelajaran, juga pekerjaan di perusahaan dan kantor. Salah satu teknologi yang dimanfaatkan tersebut ialah layanan internet. Layanan internet ini menunjang pekerjaan manusia seperti pada STO Telkom Purwakarta. Aktivitas seperti video conference, uploading, dan downloading file merupakan aktivitas yang perlu didukung layanan internet didalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti apakah layanan internet yang ada di STO Telkom Purwakarta sudah dalam kategori memuaskan atau belum berdasarkan standarisasi TIPHON. Penelitian kualitas layanan internet ini disebut dengan analisis QoS atau Quality of Service dengan mengujikan layanan internet yang ada di STO Telkom Purwakarta. Analisis QoS ini dilakukan dengan tiga parameter yaitu throughput, delay,dan jitter. Ketiga parameter tersebut diujikan pada saat melakukan video conference,dan uploading, downloading sesuai dengan aktivitas yang dilakukan di STO Telkom Purwakarta. Hasil dari pengujian inipun menunjukkan bahwa layanan internet STO Telkom Purwakarta berada pada kategori “Sangat Memuaskan”.
Copyrights © 2023