Journal of Computer Science and Information Technology
Vol. 1 No. 1 (2023): Desember 2023

DAMPAK PROMOSI ONLINE SERTA MUTU LAYANAN PENGIRIMAN KEPADA LOYALITAS KONSUMEN TERHADAP APLIKASI GRAB

Hotnida Nainggolan (Universitas Sains dan Teknologi Jayapura)
Rizki Dewantara (Institut Teknologi Bisnis Dan Kesehatan Bhakti Putra)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan pada aplikasi Grab di Kota Pelembang. Grab, sebagai penyedia layanan transportasi dan pengiriman barang berbasis aplikasi, menghadapi persaingan yang ketat dalam industri ini. Oleh karena itu, memahami faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan menjadi penting untuk meningkatkan daya saing perusahaan. Jenis penelitian yang digunakan casual comparative research. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna aplikasi Grab yang berdomisili di Kota Palembang Sumatera Selatan. Teknik penentuan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden dengan menggunakan rumus lemeshow. Pengumpulan data menggunakn kuesioner dengan media goggle form. Teknik analisa yang digunakan adalah metode metode anlisis jalur (path analysis). Pengolahan dan penganalisaan data dalam penelitian ini dengan menggunakan bantuan program SPSS versi 25 yang digunakan untuk menghitung nilai statistik berupa uji instrumen, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Penelitian ini juga memberikan kontribusi teoritis terhadap literatur manajemen pemasaran dengan menggambarkan dinamika faktor-faktor yang memengaruhi loyalitas pelanggan dalam konteks layanan berbasis aplikasi. Implikasi praktis dari penelitian ini dapat membantu manajemen Grab dan perusahaan sejenis dalam mengembangkan strategi yang lebih efektif untuk memenangkan hati dan menjaga loyalitas pelanggan dalam lingkungan bisnis yang cepat berubah. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang bagaimana promise dan kualitas pelayanan berkontribusi terhadap loyalitas pelanggan di konteks aplikasi Grab. Temuan ini dapat menjadi dasar strategi perusahaan dalam meningkatkan layanan dan memperkuat hubungan dengan pelanggan, sehingga dapat mempertahankan dan meningkatkan jumlah pengguna aplikasi Grab di Kota Palembang. Hasil pengujian ini menunjukan bahwa promosi berpengaruh positif terhadap signifikan terhadap loyalitas pelanggan, dan kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jcsit

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences

Description

Journal of Computer Science and Information Technology (JCSIT) is a national journal for scientific research, thinking, and critical-analytical studies on Biomedical Application Computer Network and Architecture, Data Mining, E-Business, E-Commerce, E-Government E-Learning, Embedded Systems, ...