cover
Contact Name
Ali Ibrahim
Contact Email
jurnaljcsitppmi@gmail.com
Phone
+6281271525366
Journal Mail Official
jurnaljcsitppmi@gmail.com
Editorial Address
Perum Taman Asri 1 Blok C2 RT 31 RW 06 Palembang South Sumatra 30149
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Journal of Computer Science and Information Technology
ISSN : -     EISSN : 30318467     DOI : https://doi.org/10.59407/jcsit.v1i2
Journal of Computer Science and Information Technology (JCSIT) is a national journal for scientific research, thinking, and critical-analytical studies on Biomedical Application Computer Network and Architecture, Data Mining, E-Business, E-Commerce, E-Government E-Learning, Embedded Systems, Environmental Systems, Fuzzy Logics, Genetic Algorithms, Geographic Information System, High-Performance Computing, Human-Computer Interaction, Image Processing, Internet of Things (IoT), Computer Vision, Information Security, Information Retrieval, Modeling System and Control, Mobile Technology, Neural Networks, Pattern Recognition, Remote Sensing, Robotics, Signal Processing, Smart Home, Smart Sensor Networks
Articles 11 Documents
PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN PENDIDIKAN MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL Shabrina Amatullah
Journal of Computer Science and Information Technology Vol. 1 No. 1 (2023): Desember 2023
Publisher : Yayasan Nuraini Ibrahim Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59407/jcsit.v1i1.331

Abstract

SMA Negeri 2 Tanjung Raja adalah salah satu sekolah yang berada di Kabupaten Ogan Ilir yang telah memiliki banyak lulusan yang sudah tersebar pada berbagai bidang perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Namun pada sisi kepuasan pelanggan sekolah masih memiliki kekurangan dan belum optimal, misalnya melihat kepuasan dari orang tua siswa, guru, dan siswa semua digunakan kuisioner yang hanya dipakai pada periode waktu tertentu seperti saat uas, keluhan, kritik saran dan konsultasi masih belum tersimpan dengan baik (paper-based). Pada konsep crm itu sendiri memiliki tujuan dalam hal kepuasan pelanggan, bagaimana melihat dan mengukur hal tersebut, bagaimana merumuskan dan mendapatkan nilai pasti dari kepuasan pelanggan. maka untuk mendapatkan nilai yang valid digunakanlah instrument kuisioner, lalu perhitungan salah satu metode service quality (servqual) dengan membagi menjadi beberapa dimensi dalam penelitian ini. Hasil dari perhitungan itulah yang dijadikan patokan untuk meningkatkan pelayanan pendidikan.
PENERAPAN CRM SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN HUBUNGAN PELANGGAN Adinda Putri Novita
Journal of Computer Science and Information Technology Vol. 1 No. 1 (2023): Desember 2023
Publisher : Yayasan Nuraini Ibrahim Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59407/jcsit.v1i1.332

Abstract

Social Customer Relationship Management (Social CRM) diterapkan untuk meningkatkan hubungan dengan pelanggan dalam menyediakan informasi perusahaan, mempromosikan produk, mengetahui ketertarikan dan mendengarkan kritik serta saran pelanggan. Sistem yang dibangun menggunakan metode pengembangan sistem FAST dan memanfaatkan media sosial Facebook PT. Greentech Equipment Indonesia. Hasil penelitian ini merupakan sistem Social CRM yang mendukung pengelolaan hubungan pelanggan dengan memanfaatkan media sosial Facebook.
ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI CAPCUT TERHADAP KETERLIBATAN DAN KESETIAAN PELANGGAN Eka Sutisna; Filda Angellia; Iswahyu Pranawukir; Efendi Efendi
Journal of Computer Science and Information Technology Vol. 1 No. 1 (2023): Desember 2023
Publisher : Yayasan Nuraini Ibrahim Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59407/jcsit.v1i1.333

Abstract

Seiring berjalannya waktu, teknologi informasi juga semakin tidak stabil. Teknologi informasi berkembang dengan sangat cepat sehingga membawa kita ke era baru yaitu era digital. Di era digital ini, kita dapat menyaksikan banyak sekali perkembangan aplikasi yang tersedia di smartphone, terutama untuk aplikasi video pembelajaran yang sebelumnya hanya dapat digunakan di komputer. Namun, hal tersebut sudah tidak diperlukan lagi karena smartphone sekarang sudah dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Perangkat lunak pengeditan video adalah aplikasi yang dirancang untuk mendukung pekerjaan seorang editor video. Seorang profesional yang melakukan pengeditan video di bawah tekanan dan dengan fokus pada tingkat kualitas video yang bersangkutan dikenal sebagai editor video. Seorang editor video adalah orang yang antusias terhadap proses editing dan sadar akan elemen-elemen yang sesuai dengan standar kreatif dan teknis.
IMPELEMENTASI METODE MULTIFACTOR EVALUATION PROCESS DALAM SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBERIAN REWARD Heru Prasetyo
Journal of Computer Science and Information Technology Vol. 1 No. 1 (2023): Desember 2023
Publisher : Yayasan Nuraini Ibrahim Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59407/jcsit.v1i1.334

Abstract

Pemberian reward merupakan salah satu cara yang banyak digunakan sebagai sebuah bentuk penghargaan kepada pegawai yang kenerjanya selama ini dapat dianggap memuaskan oleh perusahaan. Begitu juga hal nya dengan PT. Millenium Pharmacon International Tbk yang memberikan reward kepada para pegawainya sebagai tanda ucapan terima kasih atas dedikasi pegawai tersebut terhadap perusahaan. Namun pemberian reward ini masih bersifat subjektif atau hanya diberikan kepada pegawai yang dianggap berprestasi. Untuk itu diperlukan sebuah sistem pendukung keputusan (SPK) yang dapat memperhitungkan segala faktor pendukung dalam pemberian reward . Sistem pendukung keputusan ini menggunakan metode Multifactor Evaluation Process (MFEP) yang diharapkan akan membantu perusahaan menganalisa pegawai manakah yang memiliki prioritas untuk mendapatkan reward berdasarkan dengan kinerja dan produktifitasnya.
DAMPAK PROMOSI ONLINE SERTA MUTU LAYANAN PENGIRIMAN KEPADA LOYALITAS KONSUMEN TERHADAP APLIKASI GRAB Hotnida Nainggolan; Rizki Dewantara
Journal of Computer Science and Information Technology Vol. 1 No. 1 (2023): Desember 2023
Publisher : Yayasan Nuraini Ibrahim Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59407/jcsit.v1i1.335

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan pada aplikasi Grab di Kota Pelembang. Grab, sebagai penyedia layanan transportasi dan pengiriman barang berbasis aplikasi, menghadapi persaingan yang ketat dalam industri ini. Oleh karena itu, memahami faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan menjadi penting untuk meningkatkan daya saing perusahaan. Jenis penelitian yang digunakan casual comparative research. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna aplikasi Grab yang berdomisili di Kota Palembang Sumatera Selatan. Teknik penentuan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden dengan menggunakan rumus lemeshow. Pengumpulan data menggunakn kuesioner dengan media goggle form. Teknik analisa yang digunakan adalah metode metode anlisis jalur (path analysis). Pengolahan dan penganalisaan data dalam penelitian ini dengan menggunakan bantuan program SPSS versi 25 yang digunakan untuk menghitung nilai statistik berupa uji instrumen, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Penelitian ini juga memberikan kontribusi teoritis terhadap literatur manajemen pemasaran dengan menggambarkan dinamika faktor-faktor yang memengaruhi loyalitas pelanggan dalam konteks layanan berbasis aplikasi. Implikasi praktis dari penelitian ini dapat membantu manajemen Grab dan perusahaan sejenis dalam mengembangkan strategi yang lebih efektif untuk memenangkan hati dan menjaga loyalitas pelanggan dalam lingkungan bisnis yang cepat berubah. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang bagaimana promise dan kualitas pelayanan berkontribusi terhadap loyalitas pelanggan di konteks aplikasi Grab. Temuan ini dapat menjadi dasar strategi perusahaan dalam meningkatkan layanan dan memperkuat hubungan dengan pelanggan, sehingga dapat mempertahankan dan meningkatkan jumlah pengguna aplikasi Grab di Kota Palembang. Hasil pengujian ini menunjukan bahwa promosi berpengaruh positif terhadap signifikan terhadap loyalitas pelanggan, dan kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan.
KONSEP SMART CITY DALAM TATA KELOLA PEMERINTAHAN DAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN Valian Yoga Pudya Ardhana
Journal of Computer Science and Information Technology Vol. 1 No. 2 (2024): Maret
Publisher : Yayasan Nuraini Ibrahim Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59407/jcsit.v1i2.492

Abstract

Hadirnya globalisasi dan urbanisasi sedikit banyak telah menyebabkan perubahan pada kota baik secara fisik, budaya, sosial, dan ekonomi. Untuk meminimalisir berbagai masalah yang akan terjadi di wilayah kota, pemerintah daerah memerlukan teknologi canggih yang dapat melakukan semua kegiatan baik pembangunan infrastruktur perkotaan maupun pemberian pelayanan yang baik kepada masyarakat. Kota pintar atau smart city salah satu dari tata kelola perkotaan yang mengandalkan teknologi, yang di maksud untuk menjadikan kota yang inovatif dengan teknologi dan jaringan sebagai alat utama untuk menyongsong komunikasi antara pemerintah dan masyarakat agar lebih baik. Konsep smart city memiliki atribut setiap komponen, yaitu smart governance, smart economy, smart people, smart living, smart mobility, dan smart environment. Konsep smart city tersebut menyelesaikan masalah agar lebih efektif dan efisien karena pengaruh pertambahan jumlah penduduk sehingga memunculkan permasalahan yang lebih kompleks. Untuk mewujudkan smart city dibutuhkan persiapan yang matang, seperti adanya infrastruktur yang memadai, sumber daya manusia yang mumpuni, serta integrasi sistem teknologi yang efektif dan efisien dalam menunjang tata kelola kota.
PENDETEKSIAN OBJEK MENGGUNAKAN OPENCV DAN METODE YOLOv4-TINY UNTUK MEMBANTU TUNANETRA Randy Moh Yusup; Aldof Faris Anugrah; Dinda Desmonda Muslimah; Sri Mentari Widya Ningrum Permana; Shindi Yuliani
Journal of Computer Science and Information Technology Vol. 1 No. 2 (2024): Maret
Publisher : Yayasan Nuraini Ibrahim Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59407/jcsit.v1i2.532

Abstract

Deteksi objek adalah tugas mendasar dalam computer vision dan memiliki banyak aplikasi di berbagai bidang seperti autonomous vehicles, sistem pengawasan, dan robotika. Jurnal ini menyajikan studi komprehensif tentang deteksi objek menggunakan kombinasi dari OpenCV dan YOLOv4-Tiny, yang merupakan sebuah algoritma pembelajaran mendalam yang canggih. OpenCV adalah perpustakaan computer vision sumber terbuka secara luas yang dikenal dengan koleksi fungsi dan algoritma yang luas. Di sisi lain , YOLOv4 Tiny adalah varian ringkas dari algoritma deteksi objek YOLO (You Only Look Once), yang dirancang untuk mencapai performa waktu nyata tanpa mengurangi akurasi. Dalam studi ini, kami memanfaatkan kemampuan OpenCV dan YOLOv4-Tiny untuk mengembangkan sistem deteksi objek yang kuat. Pertama, kami memberikan tinjauan mendetail tentang arsitektur YOLOv4-Tiny, barpusat pada komponen utamanya, termasuk backbone network, feature pyramid, dan detection layers. Kesimpulannya, jurnal ini memberikan eksplorasi komprehensif tentang deteksi objek menggunakan OpenCV dan YOLOv4 Tiny. Studi tersebut menyoroti keuntungan dari kombinasi ini dalam hal kecepatan dan akurasi dan menghadirkan implementasi praktis dari sistem tersebut. Hasilnya menampilkan potensi sistem untuk aplikasi deteksi objek real-time, berkontribusi pada kemajuan visi komputer dan berbagai domainnya. Selain itu, kami mengevaluasi kinerja sistem kami pada kumpulan data tolok ukur standar, seperti COCO (Common Objects in Context), untuk menilai akurasi pendeteksian dan efisiensi komputasinya.
ANALISIS LEVEL PENGELOLAAN SI/TI DI DINAS KESEHATAN PROVINSI JAWA TIMUR BERDASARKAN FRAMEWORK COBIT 2019 Fannijara Enggar Larasati
Journal of Computer Science and Information Technology Vol. 1 No. 2 (2024): Maret
Publisher : Yayasan Nuraini Ibrahim Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur mulai memanfaatkan teknologi informasi untuk pelayanan informasi kepada masyarakat dan pengendalian kinerja internal sejak tahun 2016. Namun, Dinkes Jatim memiliki beberapa hambatan terkait pengelolaan keamanan dan risiko dalam teknologi informasinya. Berdasarkan hasil observasi, telah terjadi beberapa kali peretasan dalam website utama yang berfungsi sebagai penyaluran informasi kepada masyarakat. Dalam pengelolaan risiko teknologi informasinya pun terhambat dikarenakan belum ada perencanaan dan pendataan risiko yang baik dan benar sehingga beberapa waktu dapat menghambat pengerjaan dan proses IT yang dibutuhkan dalam kesehariannya. Beberapa aset terancam memiliki potensi untuk mengganti dengan biaya yang jauh lebih mahal daripada seharusnya. Oleh karena itu, perlu adanya proses untuk membantu dalam pengelolaan pemanfaatan sumber daya TI yang berfokus pada analisis potensi rsiko teknologi informasi. Oleh karena itu, Framework COBIT 2019 dapat membantu dalam optimalisasi tata kelola teknologi informasi Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur. Penelitian dimulai dari identifikasi masalah dengan melakukan observasi dan wawancara di lapangan langsung. Pemetaan masalah dirumuskan kembali dengan menggunakan metode Design Factor sesuai petunjuk implementasi framework COBIT 2019. Pada tahap analisis Capability Level, peneliti mendapati adanya beberapa control objectives yang menunjukkan bahwa Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur membutuhkan perbaikan pada domain APO012 (Managed Risk) yang memiliki nilai sebesar 49,66%, APO13 (Managed Security) yang memiliki nilai sebesar 47,5% dan MEA03 (Managed Compliance with External Requirements) yang memiliki nilai sebesar 83,3%, di mana ketiga domain tersebut didapatkan angka kesenjangan di level yang tidak sesuai target yang diekspektasikan, yaitu di angka 3. Hasil dapat mengarahkan peneliti dalam membuat rekomendasi sesuai dengan 3 aspek pembangun tata kelola teknologi informasi yaitu Aspek People, Process & Technology. Rekomendasi perbaikan yang dibuat diharapkan dapat membantu Dinkes Jatim dalam pengambilan keputusan terkait isu dari pemanfaatan teknologi yang ada terutama dalam pemenuhan pengelolaan risiko, keamanan dan kepatuhan eksternal.
PERANCANGAN UI/UX DESIGN APLIKASI PENILAIAN E-RAPORT DENGAN METODE PENDEKATAN DESIGN THINKING Dwi Ratnaningsih; Achmad Rifai
Journal of Computer Science and Information Technology Vol. 1 No. 2 (2024): Maret
Publisher : Yayasan Nuraini Ibrahim Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59407/jcsit.v1i2.559

Abstract

Perkembangan teknologi yang pesat menjadikan informasi dapat diakses dengan cepat. Salah satu penerapan teknologi dalam pendidikan saat ini adalah dengan adanya sistem informasi nilai raport yang berbasis pada internet atau yang biasa kita kenal dengan raport online. Sistem e-Raport digunakan sebagai sistem informasi yang dirancang oleh sekolah untuk melakukan penginformasian terhadap perkembangan siswa kepada orang tua, yang telah dilaksanakan hampir diseluruh sekolah yang ada di Kota Jakarta. Salah satunya Sekolah SDIT Insan Madani adalah salah satu sekolah Swasta di Kota Jakarta yang menggunakan sistem e-raport sebagai media pengganti laporan hasil belajar siswa secara manual. Permasalahan yang diangkat adalah kurang pahamnya guru dalam mengakes e-rapor ketika masukan nilai dan kurang pahamnya orangtua dalam mengakses e-rapor untuk melihat perkembangan anak. Penelitian ini merupakan studi pustaka yang bertujuan untuk mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan penggunaan system informasi raport online yang diterapkan oleh beberapa sekolah, hasil yang diperoleh dari studi pustaka ini adalah sistem raport online memberikan kemudahan bagi pendidikan untuk melakukan pengolahan data nilai peserta didik yang dapat diakses baik oleh peserta didik maupun orang tua.
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN SISWA BEPRESTASI BERBASIS WEB DENGAN METODE FUZZY LOGIC TSUKAMOTO (STUDI KASUS : SMP UNGGULAN NU MOJOAGUNG) Muhammad Burhanudin; Hadi Sucipto
Journal of Computer Science and Information Technology Vol. 1 No. 2 (2024): Maret
Publisher : Yayasan Nuraini Ibrahim Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59407/jcsit.v1i2.589

Abstract

Dalam kriteria kelulusan, nilai akhir seorang siswa yang menentukan apakah lulus atau tidak diperoleh dari nilai ujian nasional dan nilai sekolah dalam ujian praktik maupun tertulis. Di sisi lain nilai siswa juga dapat digunakan sebagai referensi dalam menentukan siswa berprestasi. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu aplikasi sistem pengolahan nilai siswa yang dapat menghitung dan menilai secara otomatis berbasis Web. Sistem ini menggunakan metode Fuzzy Logic Tsukamoto untuk menentukan siswa yang berprestasi. Sistem ini menggunakan empat user login yaitu Admin, Wali Kelas, Guru, dan Siswa. Setiap user login memiliki sistem yang berbeda-beda. User Admin dapat mengolah data siswa dan guru. User Wali kelas dapat mengontrol siswa satu kelas sesuai wali kelasnya dan wali kelas dapat mencetak nilai siswa berupa Raport. User Guru dapat memberikan nilai siswa sesuai mata pelajaran dan dapat mencetak laporan berupa Trankrip (Daftar nilai siswa). User Siswa dapat melihat nilai yang diperoleh. Nilai yang dibutuhkan dalam sistem antara lain nilai tugas, UH (Ulangan Harian), PTS (Penilaian Tengah Semester), dan PAS (Penilaian Akhir Semester).

Page 1 of 2 | Total Record : 11