Jurnal Masyarakat Berdikari dan Berkarya (MARDIKA)
Vol 1 No 2 (2023): Jurnal Masyarakat Berdikari dan Berkarya (MARDIKA)

PENINGKATAN EFISIENSI PRODUKSI DAN PEMASARAN KERIPIK UBI MELALUI INOVASI PENIRISAN MINYAK DI KELOMPOK IKM LANGSA BARO

Meri Andriani (Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Samudra, Meurandeh, Aceh)
Dewiyana (Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Samudra, Meurandeh, AcehProgram Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Samudra, Meurandeh, Aceh)
Muhammad Zulfri (Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Samudra, Meurandeh, Aceh)
Suheri Suheri (Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Samudra, Meurandeh, Aceh)
Nurmalawati (Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Samudra, Meurandeh, AcehProgram Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Samudra, Meurandeh, Aceh)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

Keripik ubi merupakan produk olahan dari ubi kayu dan ubi jalar. Industri pembuatan keripik ubi menghadapi tantangan produksi terutama dalam proses penirisan minyak yang kurang efisien dan kurang higienis. Program pengabdian ini bertujuan meningkatkan produktivitas dan kualitas keripik ubi melalui inovasi dalam proses penirisan minyak. Fokus utama adalah dua Kelompok Industri Kecil Menengah (IKM) di Kecamatan Langsa Baro. Penggunaan alat penirisan minyak ergonomis diharapkan dapat mengurangi waktu proses dan meningkatkan kualitas produk. Sebagai tambahan, program ini memberikan pelatihan pemasaran online untuk membantu IKM mencapai pasar yang lebih luas. Kesimpulan menekankan pentingnya peningkatan higienisitas produksi, efisiensi waktu, dan strategi pemasaran yang sesuai dengan kondisi mitra usaha.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

mardika

Publisher

Subject

Humanities Education Engineering Industrial & Manufacturing Engineering Social Sciences

Description

Jurnal Masyarakat Berdikari dan Berkarya (MARDIKA) diterbitkan oleh Fakultas Teknik Universitas Samudra adalah peer-reviewed jurnal yang memuat artikel-artikel ilmiah dari berbagai disiplin ilmu yang diadopsi dalam berbagai aktivitas pengabdian kepada masyarakat dan penelitian terapan lainnya. ...