cover
Contact Name
Nasruddin
Contact Email
mardika@unsam.ac.id
Phone
+628116700512
Journal Mail Official
mardika@unsam.ac.id
Editorial Address
Fakultas Teknik Universitas Samudra, Jln Prof. Dr. Syarif Thayeb, Desa Meurandeh, Kecamatan Langsa Lama, Kota Langsa, Aceh, Indonesia.
Location
Kota langsa,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Masyarakat Berdikari dan Berkarya (MARDIKA)
Published by Universitas Samudra
ISSN : -     EISSN : 30323053     DOI : https://doi.org/10.55377/mardika.v2i1.9872
Jurnal Masyarakat Berdikari dan Berkarya (MARDIKA) diterbitkan oleh Fakultas Teknik Universitas Samudra adalah peer-reviewed jurnal yang memuat artikel-artikel ilmiah dari berbagai disiplin ilmu yang diadopsi dalam berbagai aktivitas pengabdian kepada masyarakat dan penelitian terapan lainnya. Artikel-artikel yang dipublikasikan di Jurnal Masyarakat Berdikari dan Berkarya (MARDIKA) meliputi hasil-hasil penelitian ilmiah asli, artikel ulasan ilmiah yang bersifat baru, atau komentar atau kritik terhadap tulisan yang ada dimuat di Jurnal Masyarakat Berdikari dan Berkarya (MARDIKA) maupun dalam terbitan berkala ilmiah lainnya. Jurnal Masyarakat Berdikari dan Berkarya (MARDIKA) menerima manuskrip atau naskah artikel dalam bidang riset terapan dan hilirisasi hasil penelitian ilmiah kuantitatif maupun kualitatif berbasis komunitas kedalam format pengabdian kepada masyarakat yang mencakup bidang keilmuan yang relevan mencakup: 1. Collaborative Governance, 2. Pembangunan Partisipatif, 3. Pembangunan Berkelanjutan, 4. Pembangunan Inklusif, 5. Ekonomi Kreatif, 6. Knowledge Transfer for Community Development, 7. Aktualisasi Kearifan dan Budaya Lokal, 8. Sustainable Livelihood, 9. Transfer Teknologi, 10. Globalisasi dan Transformasi Sosial, 11. Pengembangan Kompetensi dan Kewirausahaan, 12. Pengembangan Ekonomi Kerakyatan, 13. Rekayasa Sosial, 14. Manajemen Konflik, dan 15. Literasi Informasi Digital.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 40 Documents
PEMANFAATAN ALAT PENGUPAS PINANG BAGI MASYARAKAT GAMPONG TUALANG DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS BUAH PINANG Muhammad Amin; Nasruddin A. Abdullah; Zainal Arif; Fazri Amir; Teuku Azuar Rizal
Jurnal Masyarakat Berdikari dan Berkarya (Mardika) Vol 1 No 1 (2023): Jurnal Masyarakat Berdikari dan Berkarya (MARDIKA)
Publisher : Fakultas Teknik, Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55377/mardika.v1i1.7826

Abstract

Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberdayakan petani pinang dengan tujuan mempercepat proses pengupasan pinang dan meningkatkan kinerja petani. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di Gampong Tualang Dalam, Kecamatan Serbajadi, Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh. Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh petani pinang adalah proses pengupasan buah pinang yang belum efisien dan masih menggunakan alat-alat sederhana seperti pisau. Oleh karena itu, tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah merancang dan membuat alat pengupas/pembelah buah pinang dengan menggunakan metode mekanis. Metode kegiatan pengabdian ini terdiri dari tahap persiapan, pelaksanaan, evaluasi, dan pemantauan. Kegiatan pengabdian ini melibatkan mahasiswa dan dosen, serta melibatkan kelompok mitra petani yang tergabung dalam kelompok tani pinang. Proses pembuatan alat mekanis ini dimulai dengan tahap perancangan, diikuti oleh pembuatan alat secara langsung yang melibatkan petani di desa tersebut. Selanjutnya, petani akan diajari cara menggunakan alat pengupas buah pinang ini. Alat ini digunakan dengan cara menekan buah pinang hingga terbelah menjadi dua. Setelah dibelah, buah pinang ditempatkan dalam wadah untuk diambil buah pinangnya. Hasil dari kegiatan pengabdian ini menunjukkan bahwa mitra petani pinang telah memperoleh pengetahuan tentang pembuatan dan penggunaan alat pengupas buah pinang, serta berhasil mengoperasikan alat tersebut. Pengabdian ini juga berhasil meningkatkan produktivitas kerja petani. Hasil pemantauan menunjukkan bahwa masyarakat puas dengan alat pengupas dan pembelah buah pinang ini karena mampu mempercepat kerja petani. Namun, hasil evaluasi menunjukkan perlunya pengembangan ulang untuk membuat mesin otomatis tanpa bantuan tenaga manusia.
PENDAMPINGAN PEMBUATAN RESIRKULASI AIR DAN KUALITAS AIR TAMBAK UDANG BERBASIS INTERNET OF THING DI DESA MATANG PINEUNG ACEH TIMUR Ahmad Ihsan; Khairul Muttaqin; Nurul Fadillah; Novianda nanda; Zainal Arif; Sherly Febrianti
Jurnal Masyarakat Berdikari dan Berkarya (Mardika) Vol 1 No 1 (2023): Jurnal Masyarakat Berdikari dan Berkarya (MARDIKA)
Publisher : Fakultas Teknik, Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55377/mardika.v1i1.8120

Abstract

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan mitra dalam resirkulasi air tambak berbasis Internet of Things (IoT). Metode pelaksanaan PKM adalah edukasi-persuasif merupakan pendekatan yang dilakukan kepada masyarakat berupa sosialisasi, demontrasi, dan dilanjutkan dengan pendampingan dalam rangka transfer pengetahuan, teknologi, dan resirkulasi air melalui monitoring kekeruhan air tambak berbasis internet of thing. Teknologi resirkulasi air berdasarkan kekeruhan air secara IoT sangat memudahkan pekerjaan dan yang terpenting adalah meningkatkan keberhasilan panen pembudidaya tambak. Selain itu, kegiatan manajemen telah berhasil meningkatkan pemahaman mengenai pentingnya resirkulasi air tambak untuk meningkatkan income. Berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi atau monev, kegiatan ini secara keseluruhan telah menggambarkan perkembangan yang memuaskan. Hasil ini diperoleh dari penilaian masyarakat yang senang dan berhasil meningkatkan produktivitas panen pembudidaya tambak.
SOSIALISASI SISTEM INFORMASI PENGADUAN BENCANA BERBASIS WEB PADA BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH KOTA LANGSA Khairul Muttaqin; Ahmad Ihsan; Nazaruddin Abdul Rahman
Jurnal Masyarakat Berdikari dan Berkarya (Mardika) Vol 1 No 1 (2023): Jurnal Masyarakat Berdikari dan Berkarya (MARDIKA)
Publisher : Fakultas Teknik, Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55377/mardika.v1i1.8148

Abstract

Verifikasi dan validasi pengaduan bencana merupakan sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Langsa. Sering terjadi pengaduan palsu yang di lakukan masyarakat sehingga ketika petugas turun kelokasi yang di laporkan tidak terjadi bencana seperti yang di laporkan masyarakat. Oleh karena hal tersebut sangat dibutuhkan system informasi pengaduan bencana berbasis web. Sistem informasi ini disosialisasikan kepada masyarakat untuk dapat digunakan sebaik mungkin dalam pengaduan bencana. Metode sosialiasasi menggunakan dua pendekatan yaitu Kaji Tindak (Action Research) dan Peer Coaching). Hasil yang didapat dari sosialiasi sistem informasi ini, masyarakat sangat siap dalam pemanfaatan teknologi ini.
PENINGKATAN PEREKONOMIAN HASIL PRODUKSI KERUPUK IKAN BANDENG MELALUI PEMASARAN E-COMMERCE DI DESA KUALA LEUEGE PEREULAK ACEH TIMUR Rahmatul Fajri; Ulil Amna; Fajriani Fajriani; Afrahun Naziah; Fitriani Fitriani; Yulida Amri; Rachmad Almi Putra; Beni Al Fajar
Jurnal Masyarakat Berdikari dan Berkarya (Mardika) Vol 1 No 1 (2023): Jurnal Masyarakat Berdikari dan Berkarya (MARDIKA)
Publisher : Fakultas Teknik, Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55377/mardika.v1i1.8152

Abstract

The community service that has been carried out aims to improve the economy of the Kuala Leuge Pereulak village community in East Aceh through marketing local community products with e-commerse marketing techniques. The method of implementing the service carried out is through socialization or education regarding the effective use of marine products through the production of milkfish crackers which are marketed e-commerse. The results of the service activities that have been carried out have a positive impact on the community in Kuala Leuge village, namely being able to increase community creativity in processing existing resources to improve the economy, not only that through training from activities carried out by the community it is easier to market production results online in e-commerce. From the results of the activities carried out, it shows that there is an increase in the number of products sold every month.
SOSIALISASI BAHAYA PENGGUNAAN PLASTIK SEBAGAI WADAH MAKANAN DAN MINUMAN TERHADAP KESEHATAN MASYARAKAT DI DASAWISMA MERPATI DESA SIDODADI Yusri Nadya; Nurlaila Handayani; Yusnawati; Nina Fahriana; Lely Masthura
Jurnal Masyarakat Berdikari dan Berkarya (Mardika) Vol 1 No 1 (2023): Jurnal Masyarakat Berdikari dan Berkarya (MARDIKA)
Publisher : Fakultas Teknik, Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55377/mardika.v1i1.8157

Abstract

Plastic containers are an alternative choice for the most widely used people as food and beverage packaging. According to research, the use of plastic that does not meet the requirements will cause various health problems, because it can trigger cancer and damage to tissues in the human body (carcinogenic). The lack of public knowledge about the dangers of plastic as a food container and the use of inappropriate plastic is a factor in the use of plastic which is sometimes not in accordance with its designation. For this reason, socialization and education are needed to know about the main types of plastic. This service was held at Dasawisma Merpati, Sidodadi Village, attended by 36 Dasawisma members. The community service program for outreach and education on the dangers of plastic for food and beverage containers is well implemented. This is evidenced by the participation of Dasawisma members and their understanding of the material. It was concluded that this educational program effectively modifies participants' attitudes and knowledge regarding the risks of using plastics in the processing and packaging of food and beverage products.
PEMETAAN GAMPONG SEMBUANG DAN PERENCANAAN PRASARANA GAMPONG SEMBUANG KECAMATAN SERBAJADI KABUPATEN ACEH TIMUR Eka Mutia; Muhammad Zacky Ardhyan; Lely Masthura; Obed Haposan Sitompul
Jurnal Masyarakat Berdikari dan Berkarya (Mardika) Vol 1 No 1 (2023): Jurnal Masyarakat Berdikari dan Berkarya (MARDIKA)
Publisher : Fakultas Teknik, Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55377/mardika.v1i1.8158

Abstract

The completeness of the Gampong administration is something that must be done to achieve administrative order. The community service activities carried out in Gampong Sembuang which is located in the Lokop sub-district of East Aceh district aim to obtain the Gampong Sembuang Mosque Design, the Keuchik Office Design, and the Gampong Sembuang Map. The method used for the design activities of the Gampong Semburan Mosque and the Keuchik Office Design was to go directly to the field to obtain exact land size and shape data, while for Village Mapping activities the assistance was assisted using the Google Earth application and the student version of ArcGIS. The results of the community service activities were in the form of a poster of the Village Map, the design of the Gampong Mosque, and the Office of the Gampong Keuchik which were handed over to the Keuchik of Sembuang Gampong.
MODEL PERTANIAN ORGANIK BERBASIS TANAMAN CEPAT PANEN DAN TOGA UNTUK KEMANDIRIAN PANGAN DAN PENGENDALIAN PENYAKIT PASCA BANJIR DI DESA PAYA UDANG KECAMATAN SERUWAY KABUPATEN ACEH TAMIANG Mulia Safrida Sari; Muna Aulia Tiba; Muhammad Irfan; Selvia Williadani; Attariq Syah; Kasmiriati Br Harahap; Bustanul Akmal Putra
Jurnal Masyarakat Berdikari dan Berkarya (Mardika) Vol 1 No 1 (2023): Jurnal Masyarakat Berdikari dan Berkarya (MARDIKA)
Publisher : Fakultas Teknik, Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55377/mardika.v1i1.8164

Abstract

Disease and food insufficiency are serious problems faced by community at the post-flood in Paya Udang Village, Seruway District, Aceh Tamiang Regency. To overcome these problems, a community service program was carried out in the form of making an organic farming model based on quick-harvest crops and toga plants. This program aims to increase local food production, food independence, and post-flood disease control through the application of sustainable organic farming practices. Fast-harvest crops such as spinach, kale, and cassava were chosen because they can provide quick results and meet the food needs of the community. Toga plants such as lemongrass were also introduced as a natural mosquito repellent and an effort to prevent mosquito-borne diseases. The program involves the active participation of the community, farmer groups, and the KKN team in the process of land clearing, soil preparation, planting, plant maintenance, and organic pest control. Through training, counseling, and mentoring, the community's knowledge and skills in organic farming are improved. The results of this program include increased local food production, diversified food consumption, increased food self-sufficiency, and post-flood disease risk control. In addition, the program also provides recommendations for policy development that supports organic farming and food sustainability at the local and national levels.
PELATIHAN PENGOLAHAN LIMBAH ORGANIK MELALUI SISTEM ECO-ENZYME (ECO-FERMENTOR) DAN EMBER TUMPUK ( KOMPOSTER) DI DESA KAMPUNG DURIAN, ACEH TAMIANG Fitriani Fitriani; Beni Alfajar; Vivi Mardina; Meiliana Friska; Rahmatul Fajri
Jurnal Masyarakat Berdikari dan Berkarya (Mardika) Vol 1 No 1 (2023): Jurnal Masyarakat Berdikari dan Berkarya (MARDIKA)
Publisher : Fakultas Teknik, Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55377/mardika.v1i1.8170

Abstract

The current garbage related problems remain unresolved and will continue to increase. Household waste is one of the largest contributors of organic waste at landfills. Considering that Kampung Durian Village is a location for final waste disposal, it is necessary to provide training and assistance to the community, especially Mrs. PKK and the creative youth of Kampung Durian village in processing organic waste through an Eco-enzyme system (Eco-fermentor) and Bucket stacks (Composter) with Black soldier flies (Hermetia illucens) on a later large scale. It is hoped that this empowerment will be able to expand innovation and increase society's role in helping reduce organic waste at the landfill. The method used in this activity is the direct approach, practice, and lecture method. The approach method is carried out by recording the problems faced by partners regarding organic waste processing. The lecture method is carried out by providing information to partners about the advantages and benefits of using eco-enzymes and stacked buckets with the help of Black soldier flies in treating waste. The practical method is carried out by providing training and assistance in making eco-enzymes and stacked buckets. Based on the survey results after conducting training and direct practice in the field regarding the manufacture of Eco-Enzyme and Stacked Buckets, it shows that the level of public understanding has increased dramatically by 90%. This can be seen from the percentage of people who say they know very well about the manufacture of Eco-Enzyme and Stacked Buckets. The implementation of the program is able to provide understanding and training regarding the manufacture of Eco-Enzyme and Stacked Buckets in organic waste processing so as to reduce the amount of waste
PENDAMPINGAN PENERAPAN GOOD MANUFACTURING PRACTICE UNTUK PENINGKATAN KUALITAS DAN KEAMANAN PRODUK Surya Indrawan; Juni S; Sirlyana
Jurnal Masyarakat Berdikari dan Berkarya (Mardika) Vol 1 No 1 (2023): Jurnal Masyarakat Berdikari dan Berkarya (MARDIKA)
Publisher : Fakultas Teknik, Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55377/mardika.v1i1.8190

Abstract

Increasing competition in the industrial world, especially in the food sector. With increasing competition, companies or business actors are facing pressure to continue to provide quality products, where customers demand good quality at an affordable price. For this reason, a strategy or method is needed to answer these challenges, one of which is by implementing Good Manufacturing Practice which aims to carry out good production procedures, implementation procedures, control and supervision of the implementation of the production process. Tempe UKM is one of the industrial players in Dumai City which is engaged in the food sector, currently facing intense competition which not only fulfills customer desires and also competition with fellow SMEs. The steps taken are to observe the object that is the target of the service, after that an initial evaluation of the activity is carried out and the last is the socialization activity of mentoring the implementation of Good Manufacturing Practice (GMP).
PENERAPAN PRODUK OLAHAN IKAN NILA DI DESA UTEUN DAMA KECAMATAN PEUREULAK Syamsul Bahri Widodo; Taufan Arif Adlie; Rita Syntia; Amalia Harmin; Fazri Amir
Jurnal Masyarakat Berdikari dan Berkarya (Mardika) Vol 1 No 1 (2023): Jurnal Masyarakat Berdikari dan Berkarya (MARDIKA)
Publisher : Fakultas Teknik, Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55377/mardika.v1i1.8195

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberdayakan warga Desa Uteun Dama dengan memanfaatkan potensi ikan nila dari waduk, yang akan diolah menjadi ikan asap dan ikan asin dengan nilai ekonomis yang tinggi. Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Uteun Dama, Kecamatan Serbajadi, Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh.Salah satu tantangan yang dihadapi oleh masyarakat Desa Uteun Dama adalah kurang efisiennya proses pengolahan ikan asap dan ikan asin karena masih menggunakan metode konvensional. Oleh karena itu, tujuan utama dari kegiatan ini adalah merancang dan membuat sebuah alat pengasapan ikan yang dapat menghemat waktu pengasapan sekaligus menjamin kehigienisan produk yang dihasilkan. Metode kegiatan ini terdiri dari beberapa tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi. Kegiatan pengabdian melibatkan mahasiswa KKN Tematik, dosen, serta mitra dari Desa Uteun Dama. Proses pembuatan alat pengasapan ikan dan rak pengering ikan asin dimulai dengan tahap perancangan dan pembuatan alat.Setelah itu, masyarakat Desa Uteun Dama akan diajari cara menggunakan alat pengasapan ikan ini, yang menggunakan tempurung kelapa dan mampu mengasapi ikan nila sebanyak 5 kg.Hasil dari kegiatan ini tidak hanya berupa penguatan pemahaman masyarakat mengenai manfaat ikan nila dalam menciptakan nilai ekonomi dan lapangan kerja baru, tetapi juga mencerminkan kepuasan masyarakat terhadap penggunaan alat pengasapan dan pengering ikan yang mampu menghemat waktu yang diperlukan.

Page 1 of 4 | Total Record : 40