JPK: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan
Vol 1, No 01 (2024): Januari 2024

Efektivitas Penggunaan Strategi Three Connections (Making Connection) Terhadap Pemahaman Membaca Siswa Kelas VIII SMPN 3 Langgudu

Nurdianah Nurdianah (STKIP Taman Siswa)
Juniati Juniati (STKIP Taman Siswa Bima, Indonesia)
Amanda Pratiwiningsih (STKIP Taman Siswa Bima, Indonesia)
Ma’ruf Ma’ruf (STKIP Taman Siswa Bima)
Waliyudin Waliyudin (STKIP Taman Siswa Bima)
Fitri Ningsi (STKIP Taman Siswa Bima)
Fitria Sarnita (STKIP Taman Siswa Bima)
Ramli Ramli (STKIP Taman Siswa Bima)
Arif Rahman Hakim (STKIP Taman Siswa Bima)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2023

Abstract

Berdasarkan masalah penelitian, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan strategi tiga koneksi dalam membaca siswa pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Langgudu di tahun ajaran 2018/2019. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dalam eksperimennya penelitian dan teknik tes yang digunakan. Populasi dalam penelitian ini adalah kedelapan siswa kelas SMP Negeri 3 Langgudu pada tahun pelajaran 2018/2019. Peneliti mengambil 30 siswa dari 30 siswa sebagai contoh. Peneliti membandingkan dua kelompok sampel dan memberikannya pretest sebelum treatment dan posttest setelah treatment. Penelitian ini menunjukkan hasil sebagai berikut: pertama, pengajaran membaca cerita ulang tes teks dan naratif dengan strategi tiga koneksi lebih efektif daripada mengajar membaca pemahaman teks recount tanpa tiga strategi koneksi untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa. Kedua, Hasil penelitian dalam penelitian ini adalah skor rata-rata dari post-test dari kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan post-test dari kelompok kontrol. Jadi, berdasarkan penjelasan di atas, peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan strategi tiga koneksi efektif dalam membaca teks recount dan tes naratif pemahaman daripada siswa yang diajar tanpa menggunakan strategi tiga koneksi. Nilai uji-t adalah 4,66 dan nilai t tabel sebesar 0,361. Itu artinya skor t-test lebih tinggi dari skor t-tabel. Jadi, bisa disimpulkan bahwa pengajaran melalui strategi tiga koneksi efektif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPK

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

JPK: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan memuat hasil belajar dan pembelajaran, kajian konseptual dan hasil penelitian tentang Pendidikan dan Kebudayaan yang ada Sekolah dan Masyarakat pada umumnya yang dapat memberikan khasanah keilmuan. Jurnal ini terbit 4 kali dalam 1 tahun. Journal Title : JPK: ...