Penelitian ini adalah penelitian eksperimental, dengan tujuan mendesain media pembelajaran berupa LKS ceria dan mengetahui pengaruhnya terhadap motivasi belajar dan prestasi siswa. Populasi penelitian ini adalah kelas VII SMPN 4 Bolo tahun ajaran 2015/2016 dan sampel penelitian adalah VIIB sebagai kelas eksperimen dan VIIC sebagai kelas kontrol. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh dua jenis yakni; data penguasaan konsep dan data respon siswa yang dikumpulkan dengan angket. Data penguasaan konsep siswa dianalisis menggunakan uji-t dan data respon siswa di analisis menggunakan norma relatif skala lima. Dalam penelitian ini telah didesain LKS Matematika ceria untuk empat kali pertemuan dengan pokok bahasan alat-alat optik. Hasil analisa data menunjukkan bahwa ada perbedaan penguasaan konsep Matematika siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol pada taraf signifikansi 5 % dengan harga t’= 3,786 sementara itu harga t tabel lebih kecil dari thitung yakni 2,021. Hal ini berarti LKS model Matematika ceria berpengaruh terhadap peningkatan prestasi belajar siswa. Sedangkan hasil analisis data angket menunjukkan bahwa respon siswa berada pada kategori sangat baik dengan persentase sebesar 77 %.
Copyrights © 2024