Al Irsyad : Jurnal Bimbingan Konseling Islam
Vol 14, No 01 (2023): Volume 14 Nomor 1 Tahun 2023

METODE BELAJAR DARING DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI COVID 19

Intan Nurfika Maulidya (Interdisciplinary Islamic Studies UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Nurus Sa’adah (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2023

Abstract

Pandemi covid 19 berdampak pada seluruh elemen kehidupan manusia salah satunya ranah pendidikan. Sistem pembelajaran selama pandemi covid 19 berubah dari tatap muka menjadi daring (online). Tujuan kajian inti adalah ingin mengetahui bagaimana pola belajar daring tehadap prestasi belajar siswa di masa pandemi covid 19. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara langsung dilakukan dengan 3 orang sedangkan dokumentasi data didapatkan melalui https://kumparan.com/kumparannews dan https://www.youtube.com/. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola belajar daring ini terdapat dampak positif dan juga negatif dan pola belajar daring mempengaruhi prestasi belajar siswa dan terdapat beberapa upaya dalam mencegah penurunan prestasi belajar siswa pada masa pandemi covid 19.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

alirsyad

Publisher

Subject

Religion Humanities Education

Description

Al Irsyad: Jurnal Ilmiah Dakwah dan Konseling Islam diterbitkan oleh jurusan Bimbingan Kon seling Islam Fakultas Dakwah dan Ilmu Komukasi UIN Imam Bonjol Padang. Jurnal ini terbit secara berkala dua kali dalam satu tahun. Jurnal ini pertama kali diterbitkan April 2009 oleh Jurusan Bimbngan Konseling ...