Journal of Pedagogi
Vol. 1 No. 2 (2024): Journal of Pedagogi-April

Hubungan Pembelajaran Afektif Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Fisika di SMA Negeri 10 Kota Jambi

Tiara Yunicha (Program Studi Tadris Fisika, Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan, Padangsidimpuan, Indonesia)
Marsella Natalia (1Program Studi Tadris Fisika, Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan, Padangsidimpuan, Indonesia)
Rogaiyah (Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Jambi, Jambi, Indonesia)



Article Info

Publish Date
27 Apr 2024

Abstract

Pendidikan itu penting dalam kehidupan nyata. Pendidikan sendiri dapat dikatakan sebagai kunci keberhasilan siswa, siswa lebih banyak mendapatkan pendidikan dalam hubungannya dengan dunia luar dan menjadi pemimpin dalam mengembangkan sumber daya dan mengubah perilaku setiap orang. Pembelajaran IPA sebagai bagian dari sistem pendidikan menggunakan pendekatan ilmiah dan berbasis konteks agar pengetahuan yang dipelajari lebih bermakna. Fisika dianggap sebagai mata pelajaran yang penting untuk diajarkan karena fisika merupakan alat untuk mengembangkan kemampuan berpikir yang berguna untuk memecahkan masalah sehari-hari dan membekali siswa dengan pengetahuan, pemahaman dan berbagai keterampilan. Jurusan Fisika membekali mahasiswa dengan pemahaman konsep fenomena alam dan alat-alat yang meningkatkan kemampuan berpikir dan pemecahan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Untuk melihat sejauh mana motivasi belajar dapat dilihat dengan indikator pembelajaran aktif yang salah satunya adalah keinginan siswa untuk berpartisipasi dalam memecahkan masalah kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan variabel afektif belajar dengan motivasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam karya ini adalah metode penelitian kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket atau angket dan observasi. Sampel penelitian ini adalah 35 siswa. Seluruh siswa SMA Negeri 10 Kota Jambi Tahap XI F1 yang mengikuti penelitian ini. Setelah dilakukan analisis data diperoleh nilai koefisien korelasi, nilai koefisien korelasi sebesar 1,00 berdasarkan hasil uji Anova. Kecuali untuk uji korelasi, nilai koefisiennya adalah sig 0,005 juga digunakan untuk menunjukkan apakah korelasi ditolak atau tidak. Oleh karena itu terdapat hubungan yang signifikan antara pembelajaran afektif dengan motivasi belajar siswa kelas XI F1 tahap SMA Negeri 10 Kota Jambi. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian ini untuk menggali lebih dalam hubungan antara pembelajaran afektif dengan motivasi belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JOP

Publisher

Subject

Education Other

Description

The journal publishes all original articles on current issues and trends occurring internationally within the scope of education such as, science education, social science, religion, language, ...