Penelitian ini menyimpulkan bahwa peluang industri halal di Indonesia sangat besar. Indonesia bisa menjadi top player global pada industri halal, mengingat potensi yang dimilikinya sangat besar, mulai dari sumber daya alam yang melimpah, penduduk Indonesia yang mayoritas muslim, dan seterusnya. Namun tantangannya juga cukup berat mulai dari hulu sampai ke hilir. Peluang tersebut dapat diraih manakala literasi halal dapat meningkatkan utilisasi halal pada masyarakat Indonesia dan masyarakat global. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan pendekatan konsep ekonomi dan syariah dan studi pustaka. Penelitian fokus mengkaji berbagai potensi yang dapat dihimpun untuk mendorong Indonesia menjadi top player halal global dalam berbagai klaster halal, baik dalam makanan dan minuman halal, fesyen muslim, pariwisata halal, kosmetika halal, farmasi dan obat-obatan halal, konten kreasi halal, dan energi terbarukan. Posisi penelitian memperkuat penelitian-penelitian sebelumnya tentang peluang dan tantangan industri halal Indonesia. Distingsi penelitian ini adalah semua klaster halal dibahas secara terperinci untuk mendapatkan gambaran yang lebih spesifik.
Copyrights © 2023