Abstrak Mobil listrik adalah mobil yang digerakkan dengan motor listrik, menggunakan energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpanan energi lainnya.Perbedaannya terdapat pada motoran (mesin) penggeraknya. Di dalam mobil listrik juga memerlukan pengereman. Pengereman tersebut yang biasanya di perlombakan yaitu bagaimana pengeremen tersebut maksimal atau tidak maksimal pada saat perlombaan dengan jarak yang telah di tentukan, dan banyak bermacam-macam tipe pengereman yang di gunakan, ada yang menggunakan rem cakram dan rem tromol. Oleh karena itu dilakukan pengujian pengarauh kecepatan terhadap hasil pengereman pada mobil listrik Politeknik Harapan Bersama untuk mengetahui jarak pengereman yang dihasilkan. Tujuan penelitian ini adalah menyelidiki pengaruh kecepatan terhadap hasil pengereman mobil listrik Tuxuci 2.0 Politeknik Harapan Bersama dengan jarak yang telah ditentukan. Untuk mengetahui pengaruh kecepatan terhadap hasil penngereman peneliti melakukan pengujian dengan cara melakukan pengujian pengereman dengan jarak lintasan yang telah ditentukan yaitu 200 meter dengan variasi kecepatan 30 Km/jam, 40 Km/jam, dan 50 Km/jam yang kemudian masing-masing kecepatan diujikan sebanyak tiga kali pengujian dengan injakan penuh pedal rem dan dicatat berapa jarak pengereman yang dihasilkan dalam bentuk satuan meter. Dari hasil pengujian ini dapat disimpulkan bahwa hasil pengereman yang baik yaitu pada percobaan pertama dengan pengereman pedal gas dilepas total, karena menghasilkan jarak pengereman sepanjang 1,33 meter pada kecepatan 30 Km/jam. Kata kunci : Mobil Listrik, rem, pengaruh kecepatan, Tuxuci
Copyrights © 2015