Jurnal Pema Tarbiyah
Vol 2, No 2 (2023)

PEMBINAAN KARAKTER RELIGIUS ANAK ANAK DESA MELALUI PROGRAM PAI MENGAJAR DI LIMBUR LAMA KECAMATAN BERMANI ILIR KABUPATEN KEPAHIANG

Muhammad Idris (Institut Agama Islam Negeri Curup)
Ramaita Ramaita (Institut Agama Islam Negeri Curup Bengkulu)
Yoan Thomas Alpino (Institut Agama Islam Negeri Curup Bengkulu)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2023

Abstract

Karakter religius merupakan poin utama dari 18 nilai karakter yang terdapat dalam Perpres nomor 87 tahun 2017. Sampai sekarang Pendidikan karakter masih menjadi focus pemerintah dengan keluarnya berbagai kebijakan. Pembinaan karakter religius pada anak-anak adalah tugas dan tanggungjawab bersama termasuk perguruan tinggi. PAI Mengajar merupakan program unggulan dari Program Studi Pendidikan Agama Islam pada bidang Pengabdian kepada Masyarakat. Pengabdian ini dilakukan di Desa Limbur Lama Kecamatan Bermani Ilir dengan focus pembinaan pada karakter religius anak-anak desa melalui program PAI Mengajar. Pengabdian ini menggunakan metode pendampingan dan metode penyuluhan. Sasaran dalam pembinaan ini adalah anak-anak di Desa Limbur Lama.  Hasil dari pembinaan ini adalah pembinaan karakter religius meliputi: 1) komitmen terhadap perintah dan larangan agama, berupa; pembinaan dan pembelajaran tentang shalat lima waktu, 2) bersemangat mengkaji ajaran agama, berupa kegiatan pengajian dalam bentuk ceramah dan penyuluhan tentang keagamaan yang meliputi ibadah, akhlak dan akidah, 3) menghargai simbol-simbol agama, seperti menghormat masjid sebagai rumah ibadah, dan 4) akrab dengan kitab suci, berupa bimbingan dan pembelajaran al Quran dengan menggunakan metode Iqra’.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pematarbiyah

Publisher

Subject

Education

Description

JOURNAL PEMA TARBIYAH is a peer-reviewed journal about education, especially community service, sharing knowledge and information about research reports on all aspects of education and community service. JURNAL PEMA TARBIYAH specifies on Education Publications published an article in the form of the ...