Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Vol. 3 No. 4 (2022): Management of Islamic Education

Pendidikan Wanita Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam

Fawziyah Tansya (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia)
Salminawati Salminawati (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan Indonesia)
Usiono Usiono (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan Indonesia)



Article Info

Publish Date
23 Jan 2023

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis posisi wanita dalam Islam, kesetaraan wanita dan laki-laki dalam menuntut ilmu dan pandangan pendidikan wanita dalam perspektif filsafat pendidikan islam. Penelitian ini menggunakan library research (penelitian pustaka), yaitu dilaksanakan dengan menggunakan literatur (kepustakaan) dari penelitian sebelumnya, dan menggunakan teknik Analisis Isi (Content Analysis) dan tekhnik Analisis Komparatif Konstan (Constan Comparative Analysis). Analisis isi bersifat pembahasan yang mendalam terhadap isi suatu informasi tertulis atau tercetak dalam media massa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pandangan Filsafat Pendidikan Islam tidak pernah melarang wanita untuk belajar dan memiliki pendidikan. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam juga sudah menekankan bahwa belajar itu wajib atas setiap muslim tanpa membedakan pria maupun wanita. Dengan penekanan ini, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam membuka semua jalan pengetahuan untuk pria dan wanita.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

munaddhomah

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Munaddhomah Journal is an Islamic Education Postgraduate Journal of the Islamic Institute of Islamic Education KH. Abdul Chalim Mojokerto, published periodically every six months as a vehicle for scientific communication of academic people in the study of Islamic Education. Editors invite academics ...