cover
Contact Name
Muhammad Anas Maarif
Contact Email
anasdt16@gmail.com
Phone
+6287763301998
Journal Mail Official
munaddomah.ikhac@gmail.com
Editorial Address
Kampus Pascasarjana Lt. 1 Jl. Tirtowening Bendungan Jati Pacet Mojokerto,
Location
Kota mojokerto,
Jawa timur
INDONESIA
Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
ISSN : -     EISSN : 2775293     DOI : https://doi.org/10.31538/munaddhomah
Core Subject : Religion, Education,
Munaddhomah Journal is an Islamic Education Postgraduate Journal of the Islamic Institute of Islamic Education KH. Abdul Chalim Mojokerto, published periodically every six months as a vehicle for scientific communication of academic people in the study of Islamic Education. Editors invite academics to contribute their thoughts, whether in the form of research results, in-depth studies, book reviews in accordance with the disciplines they have. The manuscript is original, not yet published in other journals.
Articles 141 Documents
Merespon Perubahan Dalam Pemenuhan Kebutuhan Sumber Daya Manusia Di SMP Negeri 1 Pacet Barnoto Barnoto
Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol. 1 No. 1 (2020): Manajemen dan Sumber daya Pendidikan Islam
Publisher : Prodi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Pesantren KH. Abdul Chalim Mojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31538/munaddhomah.v1i1.27

Abstract

Kepemimpinan adalah kemampuan untuk menciptakan perubahan yang paling efektif dalam perilaku kelompok: bagi yang lain dia adalah proses mempengaruhi kegiatan-kegiatan kelompok ke arah penetapan tujuan dan pencapaian tujuan. Fungsi kepemimpinan ialah: memadu, menuntun, membimbing, membangun, memberi atau membangunkan motivasi-motivasi kerja, mengemudikan organisasi, menjalin jaringan komunikasi-komunikasi yang baik, memberikan supervisi/pengawasan yang efesien, dan membawa para pengikutnya kepada sasaran yang ingin dituju, sesuai dengan ketentuan waktu dan perencanaan. Kebijakan yang dibuat oleh kepala SMP Negeri 1 Pacet dalam meningkatkan kinerja pendidik professional adalah dengan cara mengikutkan KKG workshop, pelatihan, aktif dalam kegiatan di sekolah baik yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kota maupun LPMP. Kebijakan yang telah di buat dengan cara mengoptimalkan peran kepala sekolah sebagai pemimpin yang meliputi: Sebagai pendidik (Educator), Sebagai manager, Sebagai administrator, Sebagai supervisor, Sebagai pemimpin (leader), Sebagai innovator, dan Peran kepala sekolah Sebagai menejemen kurikulum sebagaimana termaktub pada peraturan menteri pendidikan nasional nomor 13 tahun 2007 tentang standar Kepala sekolah /Madrasah, yaitu kompetensi Kepribadian, Menejerial, Kewirausahaan, supervisi, dan kompetensi sosial.
Penerapan Sistem Informasi Manajemen Pendidikan dalam Proses Pembelajaran di SMP Negeri 1 Dlanggu Muhammad Afif Zamroni
Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol. 1 No. 1 (2020): Manajemen dan Sumber daya Pendidikan Islam
Publisher : Prodi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Pesantren KH. Abdul Chalim Mojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31538/munaddhomah.v1i1.28

Abstract

Peneliti memilih jenis penelitian kualitatif. Untuk memperoleh data penulis melakukan observasi, wawancara, dokumentasi, dan keabsahan data yaitu triangulasi.Hasil penelitian ini antara lain: (1). Pelaksana sistem informasi manajemen di SMP Negeri 1 Dlanggu sudah terlaksana dengan baik di mana menggunakan aplikasi pengelola data yaitu dapodik dan teknologi informasi dalam mendukung proses pembelajaran memberikan layanan pendidikan dengan memfasilitasi praktek pembelajaran dengan menggunakan infrakstruktur teknologi, seperti fasilitas belajar dengan memadukan computer dengan wifi. (2). Pelaksanaan proses pembelajaran di SMP Negeri 1 Dlanggu yaitu, sebelum melaksanakan proses pembelajaran harus melalui tiga tahap yaitu, pertama, tahap perencanaan. Dalam tahap ini membuat analisis hari efektif dan analisis program pembelajaran, membuat program tahunan, menyusun silabus, menyusun RPP, dan membuat penilaian pembelajaran. Kedua, tahap pelaksanaan. Dalam tahap ini yang perlu dilakukan yaitu, Aspek pendekatan dalam pembelajaran, Aspek stretegi dan taktik dalam pembelajaran, Aspek metode dan teknik dalam pembelajaran. Media pembelajaran yang dipakai dalam proses pembelajaran yaitu, media cetak (buku), gambar, LCD dan computer. Ketiga, tahap evaluasi. Dalam tahap ini yang dievaluasi yaitu, pengetahuan belajar yang dites dengan secara tertulis, lisan, dan daftar pertanyaan ujian. Evaluasi belajar keterampilan yang dievaluasi dengan ujian praktek, dan analisis tugas yang dievaluasi sendiri oleh pendidik. Dan bentuk tes yang diberikan kepada peserta didik tetap harus dengan persyaratan yang baku. (3). Faktor yang menunjang adanya sistem informasi manajemen yaitu, dengan adanya sistem dapodik yang melakukan pendataan tentang data pendidik dan data peserta didik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa system informasi manajemen sangat menunjang dalam dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran di SMP Negeri 1 Dlanggu.
Manajemen Perilaku Organisasi Dalam Mewujudkan Sumber Daya Manusia Yang Kompeten Abu Darim
Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol. 1 No. 1 (2020): Manajemen dan Sumber daya Pendidikan Islam
Publisher : Prodi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Pesantren KH. Abdul Chalim Mojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31538/munaddhomah.v1i1.29

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh informasi tentang Manajemen Perilaku Organisasi Madrasah Pada Madrasah Ibtidaiyah (MI) Darussalam Pacet Tahun 2017/2018. Penelitian ini merumuskan bagaimana Manajemen perilaku organisasi madrasah pada MI Tahun 2017/2018 dalam mewujudkan sumber daya manusia, hambatan dan solusinya. Tujuan penelitian 1) mendeskripsikan manajemen perilaku organisasi madrasah pada MI Tahun 2017/2018 dalam mewujudkan sumber daya manusia. 2) Menganalisis hambatan dan solusi dalam penelitian ini.Hasil penelitian mengungkap mengenai (1) Manajemen Perilaku Organisasi Madrasah Pada Madrasah Ibtidaiyah (MI) Darussalam Pacet dalam mewujudkan sumber daya manusia yang dilakukan dengan perencanaan; dilaksanakan dengan melakukan analisis terhadap seluruh kegiatan atau beban pekerjaan kapasitas intelektual, kapabilitas, pengalaman kerjadan ketauladanan. Rekrutmen; mengutamakan prestasi akademik, non akademik, berakhlak baik,dan mengesampingkan hubungan kekerabatan serta mengutamakan prestasi dan profesionalisme. Pengembangan; mengubah perilaku agar terjadi perubahan danada peningkatan melalui workshop, diklat dan pelatihan. Pengawasan; dilakukan sesuai jadwal sebulan sekali pada seluruh rangkaian kegiatan sekolah, keadaan siswa, sarana prasarana, guru, program, fasilitas. Evaluasi; tiga tahap yaitu bulanan, tengah semester dan akhir semester, serta akhir tahun pembelajaran. Hambatan; Tenaga pengajar belum sesuai yang dibutuhkan, bukan lulusan pendidikan Guru, guru yang sudah mengajar tidak sesuai bidangnya, minimnya pengawasan, minimnya pengembangan kapasitas, dan kurangnya evaluasi. Solusi; manajemen rekrutmen dengan seleksi akademis dan non akademis, pengembangan guru pelatihan, worshop, pengawasan dan perhatian terhadap organisasi tersebut.
Pengaruh Sarana dan Prasarana Terhadap Mutu Pendidikan di Madrasah Bertaraf Internasional Nurul Ummah Pacet Mojokerto Tri Adi Muslimin; Ari Kartiko
Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol. 1 No. 2 (2020): Islamic Education Management
Publisher : Prodi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Pesantren KH. Abdul Chalim Mojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31538/munaddhomah.v1i2.30

Abstract

Sarana merupakan segala perlengkapan atau peralatan yang digunakan secara langsung dalam proses pembelajaran. Prasarana merupakan segala perlengkapan atau peralatan yang tidak digunakan secara langsung dalam proses pembelajaran. Mutu pendidikan sesuatu yang dapat memenuhi atau bahkan melebihi harapan pelanggan pendidikan. Hal inilah yang terjadi di MBI Nurul Ummah Pacet Mojokerto yang mana sarana dan prasarana yang ada masih kurang memadai tapi dapat menghasilkan mutu pendidikannya sangat tinggi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, 1) Bagaimana pengaruh sarana dan prasarana terhadap mutu pendidikan? 2) Manakah yang berpengaruh dominan dari sarana dan prasarana terhadap mutu pendidikan? Sedangkan tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana pengaruh sarana dan prasarana terhadap mutu pendidikan dan dari sarana dan juga mengetahui mana yang lebih berpengaruh domina dari sarana dan prasaran terhadap mutu pendidikan. Jenis penelitian yang digunakn adalah kuantitatif, serta instrumennya menggunakan kuisioner. Kemudian untuk mengetahui pengaruhnya adalah dengan Uji-t. Hasil dari penelitian ini adalah, 1) Bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara sarana, prasarana terhadap mutu pendidikan, 2) Besarnya pengaruh sarana dan prasarana terhaap mutu pendidikan 36,4%. Sedangkan pengaruh prasarana terhadap mutu pendidikan 17,0%. Maka diketahui bahwa variabel sarana yang paling dominan mempengaruhi mutu pendidikan, 3) Hasil uji koefisien determinasi (R2) diketahui nilai R Square sebesar 0,147, hal ini mengandung arti bahwa pengaruh variabel X1 dan X2 secara simultan terhadap variabel Y adalah sebesar 14,7%.
Studi Analisis Komite Sekolah/Madrasah dalam Mengawal Kualitas Pendidikan Abdul Mukti Bisri
Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol. 1 No. 1 (2020): Manajemen dan Sumber daya Pendidikan Islam
Publisher : Prodi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Pesantren KH. Abdul Chalim Mojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31538/munaddhomah.v1i1.31

Abstract

Dibentuknya komite sekolah/madrasah adalah upaya penyesuaian terhadap paradigma yang dirubah oleh pemerintah menjadi desentralisasi. Hal ini menjadi peluang bagi stakeholder khusunya masyarakat agar dapat memberikan ruang untuk ikut serta dalam mengelola pendidikan. Kebijakan pendidikan di Negara kita sekarang ini seharusnya dapat membangun manusia yang kompetitif. Sebagian sekolah/madrasah yang kita miliki dan pendidikannya mumpuni, akan tetapi hasil yang didapatkan belum maksimal hanya karena tidak memiliki partner yang dapat membantu dan mengawal kualitas pendidikannya. Studi analisis ini merupakan upaya untuk menganalisis kebijakan pendidikan terhadap komite sekolah/madrasah dan menelaah peran, fungsi, maupun tugasnya ketika berupaya mengembangkan dan meningkatkan kualitas pendidikan. Sebab keikutsertaan komite sekolah/madrasah dalam pengembangan dan peningkatan sekolah sangat diperlukan, yang akhirnya dapat memberdayakan seluruh komponen masyarakat. Dan yang paling penting komite sekolah/madrasah dapat mewujudkan apa yang diharapkan oleh masyarakat.
Pengembangan Kurikulum Madrasah Di Pesantren Mujahid Ansori
Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol. 1 No. 1 (2020): Manajemen dan Sumber daya Pendidikan Islam
Publisher : Prodi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Pesantren KH. Abdul Chalim Mojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31538/munaddhomah.v1i1.32

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan, pertama, tentang bentuk kurikulum Madrasah Aliyah  Al-Hikmah Sumobito sebelum dilakukan pengembangan. Kedua, mengetahui dan mendeskripsikan dengan detail pengembangan kurikulum MANJ, dan yang ketiga, adalah untuk mendeskripsikan dampak dari adanya pengembangan kurikulum dalam meningkatkan mutu pendidikan.  Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologik, yaitu memahami aktivitas pengembangan kurikulum yang terjadi di MA Al-Hikmah Sumobito dan jenisnya studi kasus dengan kasus tunggal dan analisis tunggal. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini mengambil latar alamiah Madrasah Aliyah yang ada di lingkungan Pesantren Al-Hikmah Sumobito. Sebagai informannya adalah kepala sekolah, waka kurikulum, komite sekolah, pengurus pesantren, waka kesiswaan, dan wali kelas satu, dua, dan tiga. Dalam menguji keabsahan data peneliti menggunakan derajat kredibilitas dengan trianggulasi, pemeriksaan sejawat melalui diskusi dan keajegan dalam penelitian. Dari hasil penelitian yang telah peneliti lakukan, peneliti menemukan bahwa: 1) Kurikulum Madrasah Aliyah Al-Hikmah Sumobito adalah kurikulum integritas, artinya perpaduan antara K-13 dengan kurikulum pesantren 2). Bentuk pengembangan kurikulum di MA Al-Hikmah Sumobito Madrasah Aliyah Al-Hikmah Sumobito telah mengimplementasikan secara maksimal K-13, menerapkan SKS, memenuhi Standar Isi dan SKL. Menerapkan media ICT/TIK sebagai sarana pembelajaran dan media siswa dalam mengakses pelajaran secara online.Untuk kelas bertaraf International, kurikulumnya mengadopsi dari Cambridge University. Demikian juga bahasa yang digunakan pada setiap mata pelajaran MAFIKIB menggunakan bilingual (Arab dan Inggris). Menerapkan dua bahasa (Arab dan Inggris) dalam pembelajaran untuk seluruh kelas reguler. 3) Dampak dari pengembangan kurikulum, paserta didik memiliki keilmuan integritas, IPTEK dan IMTAQ
Hubungan Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja dengan Kinerja Pegawai di Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto Sigit Priyo Sembodo
Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol. 1 No. 1 (2020): Manajemen dan Sumber daya Pendidikan Islam
Publisher : Prodi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Pesantren KH. Abdul Chalim Mojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31538/munaddhomah.v1i1.33

Abstract

An organization of good governance should have the motivation of employees with high job of work and discipline. If employees work well in accordance with the ability and motivation work influenced by their skills and responsible for his job as a form of discipline work and an organization that will be able to more developed ease the achievement of the purpose of the organization. The purpose of this study are (1) the correlation between work motivation with employee performance, (2) the correlation between work discipline with employee performance, (3) the correlation between work motivation and work discipline with the performance of employees in educational department of mojokerto.A method in this research was used a quantitative approach. The techniques to take data collection here is closed questionnaires and Data processing techniques uses correlation product moment test and multiple correlation with the significant level of 5% to know is there any relationship between the variables or not. The result showed that (1) it is proved that there is correlation between work motivation and performance of employees with a correlation coefficient of 0.792, (2) there is a correlation between the work discipline with employee performance with a correlation coefficient of 0.981, (3) there is a correlation between work motivation and work discipline with the employee's performance with a correlation coefficient of 0.981. Based on the analysis of the data above it can be concluded that there are correlation between work motivation and work discipline with the employees performance in educational department of mojokerto.
Strategi Kepala Madrasah..dalam Membangun Budaya Religius Peserta Didik Ahmad Tajudin; Andika Aprilianto
Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol. 1 No. 2 (2020): Islamic Education Management
Publisher : Prodi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Pesantren KH. Abdul Chalim Mojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31538/munaddhomah.v1i2.34

Abstract

Strategi kepala madrasah merupakan faktor yang penting dalam menentukan keberhasilan peningkatan budaya religius madrasah. Penelitian ini bertujuan. mendesripsikan. Strategi kepala madrasah dari perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan hambatan dalam membangun budaya religius. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui Observasi, Wawancara dan Studi Dokumentasi. Prosedur analisis data adalah Reduksi Data, Penyayian Data, dan Verifikasi. Sedangkan subjek penelitian adalah Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah, dan Guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:(1)Strategi kepala madrasah dalam membangun budaya religius(2) Kendala yang dihadapi kepala madrasah dalam membangun budaya religius di madrasah, kondisi guru di madrasah tetapi masih terkendala pendidik, kurangnya tenaga ahli, sedangkan kondisi lingkunganmadrasah juga mempengaruhi peserta didik yang baru berkembang, sedangkan dari pihak lembaga sendiri sudah memaksimalkan dari pembelajaran ektrakurikuler dan kebutuhan lain, agar berkembangnya dari budaya religius yang ada di madrasah tsanawiyah unggulan hikmatul amanah.
Sistem Manajemen Kepala Sekolah dan Wali Asrama dalam Meningkatkan Prestasi Siswa Muzari Muzari; Sigit Priyo Sembodo
Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol. 1 No. 2 (2020): Islamic Education Management
Publisher : Prodi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Pesantren KH. Abdul Chalim Mojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31538/munaddhomah.v1i2.35

Abstract

Keberhasilan manajemen kepala sekolah dan sistem bimbingan wali asrama terhadap peningkatan prestasi siswa sangat penting diteliti terutama di sekolah berbasis pesantren seperti MTs Unggulan Amanatul Ummah Mojokerto yang memiliki prestasi melimpah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi manajemen kepala sekolah dan sistem bimbingan wali asrama dalam meningkatkan prestasi siswa. Studi yang telah dilakukan adalah studi lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi sedangkan analisis data menggunakan metode Miles and Huberman yang meliputi beberapa tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data (display) dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Keabsahan data dilakukan menggunakan teknik Triangulasi data. Hasil yang diperoleh dari data-data penelitian menunjukkan bahwa manajemen kepala sekolah yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi terbukti berhasil dalam meningkatkan prestasi siswa MTs Unggulan Amanatul Ummah. Selain itu, sistem bimbingan wali asrama baik perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi juga efektif dalam rangka meningkatkan prestasi siswa/santri MTs Unggulan Amanatul Ummah. Namun, khusus pada penyediaan sarana sekolah, ditemukan adanya sarana yang masih belum sepenuhnya memadai berupa ketiadaan kelas khusus untuk pembelajaran olimpiade. Walau demikian, ianya tidak mempengaruhi pencapaian prestasi siswa dengan adanya kecemerlangan manajemen kepala sekolah dan sistem bimbingan wali asrama dalam meningkatkan prestasi siswa MTs Unggulan Amanatul Ummah.
Optimalisasi Manajemen Sekolah Dalam Menerapkan Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar Ikramullah Ikramullah; Akhmad Sirojuddin
Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol. 1 No. 2 (2020): Islamic Education Management
Publisher : Prodi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Pesantren KH. Abdul Chalim Mojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31538/munaddhomah.v1i2.36

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen sekolah dalam menerapkan pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian atau informannya adalah kepala sekolah, guru kelas/walikelas dan guru pembimbing khusus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Dalam hal pengoptimalan pengelolaan pendidikan inklusi, peran kepala sekolah sebagai pemegang keputusan tertinggi di suatu lembaga sangat memengaruhi arah dan tujuan yang hendak dicapai oleh lembaga tersebut. (2) Ada banyak faktor penghambat terhadap pengelolaan pendidikan inklusi di SDN Mentikan 1 Kota Mojokerto  dari awal pengelolaan sampai dengan sekarang. Namun, faktor yang paling mendasar dan sangat memengaruhi adalah permasalahan yang berhubungan dengan anggaran. (3) Upaya yang dilakukan oleh pihak sekolah dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi adalah membagi dan memprioritaskan masalah yang memang tidak bisa diselesaikan oleh SDN Mentikan 1 sendiri kemudian menjadikannya bahan aduan ke Dinas terkait dan pusat sumber yang bertempat di SLB Pertiwi yang kebetulan ditunjuk langsung oleh dinas pendidikan provinsi jawa timur sebagai sekolah aduan terkait pengelolaan pendidikan anak berkebutuhan khusus. 

Page 1 of 15 | Total Record : 141