Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Vol. 4 No. 2 (2023): Management of Islamic Education

Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah

Neliwati Neliwati (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan Indonesia)
Fawziyah Tansyah Siregar (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan Indonesia)
Ali Akbar Siregar (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan Indonesia)
Helfinasyam Batubara (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan Indonesia)



Article Info

Publish Date
27 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan gambaran tentang upaya yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat belajar siswa di MTs Al-Ikhlas Air Hitam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui teknik observasi dan wawancara. Setelah data terkumpul maka dilakukan analisis dengan tahapan: pemilihan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa upaya yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan minat belajar siswa antara lain: meminta kepala sekolah untuk menambah jam di luar jam pelajaran PAI; melakukan komunikasi dengan wali siswa untuk mengingatkan anak mereka agar mengulang pelajaran di rumah; melakukan evaluasi sebelum dan sesudah pelajaran; memilih pendekatan/metode yang menarik bagi siswa; dan menggunakan media pembelajaran agar memudahkan guru dalam menjelaskan materi dan mudah difahami oleh siswa dan menggunakan metode hadiah dan hukuman. Gambaran hasil pembelajaran PAI siswa MTs Al-Ikhlas Air Hitam tergolong baik karena seluruh nilai siswa pada tahun ajaran 2022 terlihat dari hasil semester mereka telah mencapai standar KKM yang ditetapkan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

munaddhomah

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Munaddhomah Journal is an Islamic Education Postgraduate Journal of the Islamic Institute of Islamic Education KH. Abdul Chalim Mojokerto, published periodically every six months as a vehicle for scientific communication of academic people in the study of Islamic Education. Editors invite academics ...