IJIS - Indonesian Journal On Information System
Vol 9, No 1 (2024): APRIL

GAMED dan GDLC : PEMBUATAN VIDEO GAME UNTUK EDUKASI MORAL

Wibowo, Tony (Unknown)
Cahyani, Sakilah Dwi (Unknown)
Hendardi, Ivan (Unknown)
Rasyidhy, Farhan Alwie (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini membahas pengembangan video game edukasi moral dalam konteks pendidikan di Indonesia, menggunakan metode pengembangan Game Life Cycle Framework (GDLC) dan Metodologi Pengembangan Game Pendidikan Digital (GAMED). Fokusnya adalah menggabungkan teori moral abad ke-21 dengan permainan, melibatkan pemain dalam pemikiran kritis dan pengambilan keputusan moral. Melalui tahapan inisiasi, pra-produksi, produksi, uji, beta, hingga perilisan, game ini, menggunakan RPG Maker MZ, menyampaikan pesan moral melalui simulasi skenario interaktif. Hasilnya adalah video game edukasi moral yang berpotensi menjadi alat yang efektif dalam meningkatkan pemahaman dan perilaku etis siswa, mengintegrasikan teknologi dan pendidikan untuk memfasilitasi pembelajaran nilai-nilai moral yang esensial.Kata Kunci: Video Game, GDLC, GAMED, Edukasi Moral

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

home

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

IJIS - Indonesian Journal On Sistem Information adalah sebuah publikasi yang peruntukan bagi akademik baik dosen, guru, peneliti, praktisi dan sejenisnya untuk mempublikasikan karya ilmiah agar biasa bermanfaat untuk ...