Jurnal Teknik Sipil
Vol 11, No 1 (2022): Volume 11 Nomor 1 Mei 2022

Pengaruh Klasifikasi Fungsional Jalan Terhadap Nilai EMP Sepeda Motor di Simpang Tak Bersinyal

Don Gaspar Noesaku da Costa (Prodi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Katolik Widya Mandira)
Mikael Laba Blikololong (Kordinator Komunitas Ilmiah Mahasiswa Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas, Pusat Studi Trans-portasi Fakultas Teknik Universitas Katolik Widya Mandira, Jl. San Juan No.1 Penfui Kupang, NTT)
Egidius - Kalogo (Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Katolik Widya Mandira, Jl. San Juan No.1 Penfui Timur, Kupang, NTT)
Mauritius Ildilo Naikofi (Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Katolik Widya Mandira, Jl. San Juan No.1 Penfui Timur, Kupang, NTT)



Article Info

Publish Date
30 May 2022

Abstract

Kinerja bagian jalan selalu dinilai berdasarkan rasio volume lalu lintas terhadap kapasitas jalan sehingga kontekstualitas nilai volume lalu lintas menjadi sangat penting. Karena karakteristik kendaraan dan jalan beragam maka ekivalesi mobil penumpang (EMP) digunakan sebagai nilai penyetara volume lalu lintas. Artikel ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh perbedaan klasifikasi fungsional jalan terhadap nilai EMP sepeda motor pada simpang tak bersinyal dan implikasinya terhadap penilaian kinerja simpang. Selama ini MKJI’97 menentukan nilai EMP sepeda motor bersifat seragam yaitu 0,5 padahal terdapat perbedaan kecepatan antara kendaraan ringan dan sepeda motor akibat perbedaan lebar lengan simpang. Itulah mengapa dalam penelitian ini evaluasi nilai EMP dilakukan dengan Metode Kecepatan. Terbukti bahwa perbedaan klasifikasi fungsi jalan berdampak pada perbedaan kecepatan sehingga EMP sepeda motor yang didapat berkisar antara 0,42 – 0,57 (min 0,24; max 0,74). Untuk simpang yang merupakan pertemuan antara ruas jalan dengan klasifikasi fungsi yang sama, nilainya relaif konstan yaitu 0,42-0,48 (rerata 0,45). Implikasinya adalah penggunaan niai EMP sepeda motor sebesar 0,5 di simpang jalan tak bersinyal hanya boleh dilakukan apabila klasifikasi fungsi jalan yang bertemu di simpang tersebut adalah sama, sedangkan untuk tipe simpang tak bersinyal lainnya perhitungan volume lalu lintas agar didasarkan pada nilai EMP hasil survai

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JTS

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Engineering Transportation

Description

Jurnal Teknik Sipil (Journal of Civil Engineering) Universitas Syiah Kuala is a scientific journal, published by Civil Engineering Department, Faculty of Engineering, Universitas Syiah Kuala. It is aimed at disseminating research results related to civil engineering fields, where readers of the ...