Interaksi kendaraan bergerak (pengendara) dan pengguna jalan (pedestrian) memberikan dampak signifikan terhadap peningkatan angka kecelakaan kerja di area Divisi Concentrating PT Freeport Indonesia (PTFI). Penelitian bertujuan untuk menginterpretasikan kerangka konseptual implementasi keselamatan pekerja pada interaksi pengendara dan pedestrian. Penelitian deskriptif ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan interpretatif. Interprestasi dikembangkan dengan menggunakan data yang ditemukan di lokasi penelitian, yaitu di area industri pengolahan bijih mineral. Penelitian dilakukan pada Januari sampai Februari 2024. Metode observasi digunakan sebagai teknik pengambilan data. Hasil penelitian didapati bahwa dari tiga aspek terkait interaksi pengendara dan pedestrian masih fokus pada faktor jalan/lingkungan dan faktor kendaraan. Pada faktor manusia, kecelakaan kerja yang terjadi akibat interaksi pengendara dan pedestrian paling banyak diakibatkan oleh kelalaian manusia (human error). Upaya pencegahan kecelakaan kerja akibat interaksi pengendara dengan pedestrian, maka disarankan untuk dapat dilakukan audit keselamatan jalan.
Copyrights © 2024