Innovation for Community Service Journal
Vol 2 No 1 (2024): April 2024

Sosialisasi Kontaminasi Logam Beracun Merkuri (Hg) pada Ekosistem di Desa Tifu, Namlea, Kabupaten Buru

Yusthinus Thobias Male (Program Studi Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pattimura)
Eirene Grace Fransina (Program Studi Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pattimura)
Nelson Gaspersz (Program Studi Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pattimura)
Lea Sanawain (Laboratorium Kimia Anorganik, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pattimura)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2024

Abstract

Pada saat kegiatan Pertambangan Emas Tanpa Ijin (PETI) marak terjadi di Gunung Botak, Namlea (Tahun 2011-2016), banyak penduduk Desa Tifu yang mengolah emas menggunakan merkuri di halaman belakang rumah mereka. Secara teori, 30% dari merkuri yang digunakan akan terbuang ke lingkungan. Bekas area tromol telah dijadikan lahan pertanian sehingga sangat berpotensi terjadi biomagnifikasi, yaitu masuknya merkuri manusia melalui bahan makanan. Hasil analisis laboratorium menunjukkan bahwa ekosistem (tanah dan tumbuhan) di Desa Tifu telah terkontaminasi dengan merkuri. Kegiatan Pengabdian masyarakat dilakukan untuk memberikan data valid sekaligus edukasi kepada masyarakat tentang kontaminasi merkuri pada ekosistem bekas area tromol (tanah, tumbuhan dan hewan). Kegiatan ini juga meningkatkan pemahaman masyarakat tentang dampak buruk bagi kesehatan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

icsj

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemistry Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Pengabdian pada Masyarakat yang diterbitkan oleh Universitas Pattimura Jurusan Kimia FMIPA. Jurnal ini berisi hasil-hasil penghiliran penelitian pada bidang sains, teknologi, agrokompleks, keguruan dan ilmu pendidikan teknosains, sosbudkum dan diterbitkan dua kali dalam setahun yaitu pada ...