Keberadaan UMKM menjadi motor penggerak yang banyak memiliki dampak perekonomian pada masyarakat dan pemerintah. Butuh perhatian khusus dan peran dari pemerintah daerah untuk membantu UMKM, terlebih peran untuk melakukan inovasi melalui salah satunya perumda aneka usaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran perumda dalam membantu inovasi UMKM di Kota Bima dan faktor penghambatnya. Penelitian ini merupakan jenis deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi serta ankget sederhana dengan pihak pengelola perumda dan pelaku UMKM. Adapun langkah analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peran perumda dalam membantu inovasi UMKM di Kota Bima seperti inovasi pemasaran dengan menyediakan etalase berbagai produk UMKM dan pemanfaatan sosial media. Inovasi Produk juga dilakukan untuk memperbaiki pengemasan produk UMKM supaya terstandar dan lebih menarik. Inovasi pelayanan, inovasi inkremental dan inovasi terbuka juga dilakukan. Adapun faktor penghambat yaitu masih minimnya kemitraan dengan pihak yang memiliki jaringan lebih luas serta berkaitan dengan manajemen yang kurang baik.
Copyrights © 2023