Mamachi melakukan diferensiasi produk dan juga melakukan inovasi untuk setiap produk baik dari segi bentuk dan motif.Namun khir-akhir ini terjadi fluktuasi penjualan yang yang cenderung menurun.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh diferensiasi dan inovasi produk terhadap loyalitas pelanggan Mamachi Kota Bima. Jenis penelitian yang digunakan yaitu asosiatif, lokasi penelitian di UKM Mamachi Kota Bima yang beralamat di Jl.Gatot Soebroto.Sadia 2 Kota Bima bulan Oktober 2019 – Februari 2020. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pelanggan yang pernah membeli produk Mamachi.Sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 orang.Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dengan skala likert.Aadapapun jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan sumber data penelitian yaitu data primer.Teknik pengumpulan data yaitu observasi, kuesioner dan studi pustaka. Analisis meliputi uji validitas dan reliabilitas kuesioner, uji asumsi klasik dan analisis data menggunakan regresi linear berganda, korelasi, determinasi, uji F dan uji t. Hasil analisis menunjukkan diferensiasi produk tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, inovasi produk juga tidak berpengaruh signifikan pada loyalitas konsumen.Demikian pula secara bersama-sama diferensiasi dan inovasi produk tidak berpengaruh signifikan pada loyalitas pelanggan.
Copyrights © 2020