Jurnal Literasi Digital
Vol. 1 No. 3 (2021): November 2021

Pemanfaatan Video Pembelajaran Dan Search Engine Sebagai Media Pembelajaran Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Siswa SMK

Retyana Wahrini (Universitas Negeri Makassar)
Hasbi Hasbi (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) persepsi siswa terhadap penggunaan video pembelajaran, (2) persepsi siswa terhadap penggunaan search engine (3) persepsi siswa terhadap motivasi belajar, (4) pengaruh penggunaan pembelajaran video sebagai sumber belajar terhadap motivasi belajar siswa (5) pengaruh antara penggunaan search engine sebagai sarana sumber belajar terhadap motivasi belajar siswa, dan (6) pengaruh antara penggunaan video pembelajaran dan penggunaan search engine sebagai sarana sumber belajar terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMK Negeri 1 Sedayu Yogyakarta dengan jumlah populasi 63 siswa. Sampel penelitian diambil 63 siswa. Jadi penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh dimana semua populasi dijadikan sampel. Penelitian ini terdiri dari tiga variabel yaitu: penggunaan Video Pembelajaran (X1), penggunaan Search Engine (X2) sebagai variabel bebas, dan Motivasi Belajar (Y) sebagai variabel penentu. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Validitas instrumen dilakukan dengan penilaian ahli dan analisis item, sedangkan reliabilitas ditentukan melalui Cronbach's Alfa. pengujian hipotesis dengan analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, uji linieritas, dan uji multikolinearitas. Hasil penelitian ini adalah (1) persepsi siswa tentang penggunaan video pembelajaran berada pada kategori baik, (2) persepsi siswa tentang penggunaan search engine termasuk dalam kategori baik, (3) persepsi siswa terhadap penggunaan mesin pencari termasuk dalam kategori baik. kecenderungan motivasi belajar berada pada kategori sangat baik, (4) video pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,270, (5) penggunaan search engine berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa. motivasi belajar dengan koefisien korelasi sebesar 0,306, (6) video pembelajaran dan search engine berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa dengan koefisien korelasi 0,366

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jld

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

Jurnal Literasi Digital imerupakan Jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pustaka Digital Indonesia. Literasi Digital menerbitkan hasil penelitian dibidang teknologi pendidikan dan pembelajaran. Artikel pada jurnal menyajikan isu terkait Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, Sistem Pembelajaran ...