Jurnal Literasi Digital
Vol. 1 No. 3 (2021): November 2021

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Asesmen Kompetensi Minimum dan Pemecahan Masalah

Sitti Nurhalisa (PGSD Universitas Cokroaminoto Palopo)
Ma’rufi Ma’rufi (Universitas Cokroaminoto Palopo)
Muhammad Rusli Baharuddin (Universitas Cokroaminoto Palopo)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui (1) Apakah media pembelajaran berbasis Asesmen Kompetensi Minimum dan Pemecahan Masalah pada materi Jarak dan Kecepatan tergolong valid untuk digunakan, (2) Apakah media pembelajaran berbasis Asesmen Kompetensi Minimum dan Pemecahan Masalah pada materi Jarak dan Kecepatan tergolong praktis untuk digunakan (3) Apakah media pembelajaran berbasis Asesmen Kompetensi Minimum dan Pemecahan Masalah pada materi Jarak dan Kecepatan tergolong efektif untuk digunakan. Penelitian ini dilaksanakan SDN 32 Marinding. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Reseach and Development) untuk menghasilkan produk berupa Media Pembelajaran Berbasis Asesmen Kompetensi Minimum dan pemecahan masalah. Penelitian dan pengembangan ini mengacu pada model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahap yaitu Pendefinisisan (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Develop) Dan Penyebaran (Disseminate). Hasil penilaian validator terhadap media pembelajaran berbasis asesmen kompetensi minimum dan pemecahan masalah pada materi jarak dan kecepatan tergolong sangat valid dengan nilai rata-rata 3,5 (3,5 ? V ? 4). Hasil penilaian respon peserta didik dan respon guru terhadap media pembelajaran berbasis asesmen kompetensi minimum dan pemecahan masalah pada materi jarak dan kecepatan tergolong praktis dengan nilai rata-rata 3,4 (2,6 ? XI ? 3,5). Hasil tes belajar peserta didik terhadap media pembelajaran berbasis asesmen kompetensi minimum dan pemecahan masalah pada materi jarak dan kecepatan tergolong efektif dengan nilai persentase 61% (60 < P ? 80). Dari ketiga hasil yang diperoleh dapat dinyatakan bahwa media pembelajaran layak untuk di gunakan pada proses pembelajaran.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jld

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

Jurnal Literasi Digital imerupakan Jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pustaka Digital Indonesia. Literasi Digital menerbitkan hasil penelitian dibidang teknologi pendidikan dan pembelajaran. Artikel pada jurnal menyajikan isu terkait Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, Sistem Pembelajaran ...