Di Indonesia, Banyak sekali pelaku bisnis, mulai dari bisnis di bidang makanan, pakaian jadi, tekstil, pertambangan, pendidikan, jasa, dan masih banyak lagi termasuk dibidang keuangan seperti bank, koperasi, simpan pinjam ataupun ijasa ipenukaran uang. Pada bidang ini, jarang sekali menggunakan model bisnis terutama model bisnis kanvas karena memang model jenis ini masih terbilang baru dikalangan pebisnis. Padahal model bisnis merupakan sebuah penjelasan tentang bagaimana cara sebuah perusahaan menciptakan sebuah nilai itambah dalam dunia kerja, yang didalamnya terdapat kombinasi dari citra, pelayanan, produk, sumber daya dan infrastruktur diserta distribusi. peneliti akan membahas model bisnis kanvas di bidang keuangan yakni di Bank Syariah Indonesia Kota Bogor, terutama membahas strategi pemasaran pada produk BSI Griya dan juga membahas mengenai hambatan yang didapat serta cara mengatasi hambatan tersebut. Metode penelitian kualitatif deskriptif digunakan pada penelitian ini, dengan dua alat manajemen yaitu Business Model Canvas (BMC) dan strategi pemasaran. Hasil penelitian dari BMC terdiri dari 9 blok: (1) Segmen Pelanggan yaitu nasabah dengan penghasilan bersih lebih dari 3 juta rupiah. (2) Proporsi Nilai yaitu memberikan cicilan rendah, tanpa riba, dan menyediakan semua keinginan nasabah yang dibutuhkan. (3) Saluran yaitu dengan promosi offline melalui event, brosur dan baliho/spanduk atau online melalui iklan diberbagai media sosial. (4) Hubungan Pelanggan yaitu selalu memberikan pelayanan yang terbaik dengan aturan dan berdasarkan SOP yang berlaku. (5) Arus Pendapatan yaitu margin dan biaya administrasi. (6) Sumber Daya Utama yaitu karyawan marketing, manajer icabang, notaris, analis, dan pegawai kedinasan, serta kendaraan. (7) Aktivitas Kunci yaitu pengumpulan berkas, input data, analisis, pengecekan rumah, persetujuan komite, penerbitan SP3, cek surat-surat, bayar pajak bagi penjual dan pembeli, dan akad jual-beli. (8) Kemitraan Utama yaitu developer atau agen penjual rumah. (9) Struktur biaya yang terdiri dari biaya iklan, biaya promosi (iklan online, brosur), biaya operasional, entertaint danbiayasurat menyurat atau administrasi. Selanjutnya pada strategi pemasaran, Bank Syariah Indonesiamemberikan kemudahan dalam mengajukan pembiayaan, meringankan cicilan, dan selalu menjaga silaturahmi kepada sumber daya manusia yang saling berhubungan, seperti kepada nasabah, developer.
Copyrights © 2022