MAHESA : Malahayati Health Student Journal
Vol 4, No 2 (2024): Volume 4 Nomor 2 (2024)

Hubungan Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Emosional Pada Remaja di Pasar Minggu Jakarta Selatan

Nurrahmah Nurrahmah (Universitas Nasional)
Nita Sukamti (Universitas Nasional)
Nur Fajariyah (Universitas Nasional)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2024

Abstract

ABSTRACT Gadgets are small electronic devices designed with various practical functions to assist human work. Unfortunately, there is often a misuse of gadgets by teenagers, leading to an increase in the number of gadget-dependent teenagers. This has the potential to cause emotional and behavioral disorders in them. What is meant by emotional disturbance is a condition that arises due to certain situations related to approach or avoidance behavior towards something. The purpose of this study was to determine the relationship of gadget use to emotional development in adolescents. This study used Cross sectional method. The population is teenagers in Pejaten Barat, South Jakarta. The sampling technique used Random Sampling with a total sample of 112. The instruments used were a gadget questionnaire with a Likert scale and questionnaire Strenghth Diffuculties Questionnaire SDQ using Chi-Square analysis used to identify the relationship between variables. The results showed that there was a relationship between gadget use and emotional development (P Value = 0.001). The conclusion of this study is that there is a relationship between gadget use and emotional development in adolescents (P Value = 0.001). It is hoped that the results of this study can make teenagers wiser in using gadgets. Keywords: Gadget, Emotional Development, Adolescents.  ABSTRAK Gadget adalah perangkat elektronik kecil yang dirancang dengan berbagai fungsi praktis untuk membantu pekerjaan manusia. Namun disayangkan, sering kali terjadi penyalahgunaan gadget oleh remaja, yang menyebabkan peningkatan jumlah remaja yang ketergantungan terhadap gadget. Sehingga berpotensi menimbulkan gangguan emosi dan perilaku pada mereka. Yang dimaksud dengan gangguan emosi adalah suatu kondisi yang muncul akibat situasi tertentu yang berkaitan dengan perilaku pendekatan atau penghindaran terhadap sesuatu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan penggunaan gadget terhadap perkembangan emosional pada remaja. Penelitian ini menggunakan metode Cross sectional. Populasinya adalah remaja di Pejaten Barat Jakarta Selatan. Teknik penggambilan sampel menggunakan Random Sampling dengan total sampel 112. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner gadget dengan skala likert dan kuesioner Strenghth Diffuculties Questionnaire SDQ dengan menggunakan analisis Chi-Square digunakan untuk mengidentifikasi hubungan antara variabel. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan antara penggunaan gadget dengan perkembangan emosional (P Value = 0,001). Kesimpulan penelitian ini terdapat hubungan penggunaan gadget dengan perkembangan emosional pada remaja (P Value = 0,001). Diharapkan  hasil penelitian ini remaja dapat lebih bijak lagi dalam menggunakan gadget. Kata Kunci: Gadget, Perkembangan Emosional, Remaja

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

MAHESA

Publisher

Subject

Dentistry Health Professions Nursing Public Health

Description

MAHESA : Malahayati Health Student Journal, dengan nomor ISSN 2746-198X (Cetak) dan ISSN 2746-3486 (Online) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh DIII Keperawatan Universitas Malahayati Lampung. MAHESA : Malahayati Health Student Journal merupakan jurnal yang memiliki fokus utama pada hasil ...