Jurnal Golden Age
Vol. 7 No. 1 (2023): JURNAL GOLDEN AGE

MEDIA TWISTER GEOMETRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI ANAK USIA 4-5 TAHUN

Zulfatun Mahmudah (Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA)
Khusniyati Masykuroh (Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Pengenalan bentuk geometri penting diajarkan pada anak usia dini karena dapat meningkatkan pemahaman pada dunia sekitarnya. Peningkatan kemampuan mengenal gemotri menjadi bagian integral dari proses perkembangan anak. Temuan di lapangan, media untuk mengenalkan geometri masih terbatas dan kurang menarik bagi anak. Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kemahiran mengenal bentuk pada anak-anak usia dini dengan memanfaatkan media twister geometri sebagai alat bantu pembelajaran. Dalam penelitian ini, digunakan pengembangan dengan menerapkan model ADDIE yang terdiri atas tahapan Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Media Twister Geometri yang telah dihasilkan telah melewati uji validasi oleh ahli media dan ahli materi PAUD. Dari hasil validasi yang dilakukan, ahli media memberikan penilaian sebesar 83% yang tergolong pada kategori sangat baik. Selain itu, ahli materi juga memberikan penilaian yang sangat baik sebesar 85%. Berdasarkan hasil validasi ahli media tersebut, maka twister geometri dinyatakan layak untuk digunakan. Berdasarkan hasil percobaan yang dilakukan oleh kelompok A di TK Islam Sabilina pada anak usia 4-5 tahun, ditemukan bahwa pemahaman bentuk geometri meningkat setelah bermain twister. Dengan demikian, twister dapat dijadikan sebagai opsi alternatif yang layak untuk meningkatkan kemampuan anak dalam pemahaman bentuk geometri

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jga

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Golden Age (e-ISSN 2549-7367) adalah jurnal Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini FKIP Universitas Hamzanwadi yang memuat hasil penelitian yang diangkat dari kajian teoritis dan hasil penelitian di bidang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jurnal ini diterbitkan 2 (dua) kali ...