Economic, Accounting Scientific Journal (CASH)
Vol 5 No 1 (2022): CASH: Economic, Accounting Scientific Journal

PENGARUH SERVICE QUALITY DAN RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP CUSTOMER RETENTION PADA PT. BPR DANA MULIA SEJAHTERA DI TANJUNGPINANG

Erliana, Erliana (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Nov 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang ditimbulkan dari Service Quality dan Relationship Marketing terhadap Customer Retention pada PT. BPR Dana Mulia Sejahtera di Tanjungpinang. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 286 orang responden dengan menggunakan teknik sampel probabilitas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Objek penelitian ini berupa Nasabah PT. BPR Dana Mulia Sejahtera Tanjungpinang Pengumpulan data dilakukan dengan empat cara, yaitu Observasi, tinjauan kepustakaan, serta kuesioner dan dokumentasi. Dimana responden mengisi kuesioner sebanyak 36 butir pernyataan yang berkaitan dengan variabel yang diukur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Service Quality dan Relationship Marketingberpengaruh terhadap Customer Retention. Dengan adanya Service Quality dan Relationship Marketing yang baik, seorang nasabah akan merasa puas akan hal tersebut sehingga Customer Retention dapat terealisasikan. Dapat disimpulkan bahwa Service Quality dan Relationship Marketing berpengaruh terhadap Customer Retention baik secara parsial maupun simultan. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan juga bahwa Service Quality dan Relationship Marketing yang terdapat pada PT. BPR Dana Mulia Sejahtera Tanjungpinang termasuk dalam kategori baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cash

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

CASH diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pembangunan  Tanjungpinang secara berkala sebanyak 2 kali dalam 1 tahun yaitu pada bulan juli dan desember dengan e-ISSN: 2656-6044 dengan tujuan untuk mempublikasikan dan mengkomunikasikan tulisan ilmiah dalam bidang akuntansi dan bisnis, serta ...