Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi pedagogik dan mengetahui pelaksanaan pengembangannya di madrasah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dalam proses pengumpulan data penulis menggunakan analisis studi pustaka, penulis menggunakan tekhnik analisis deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian maka dapat diambil kesimpulan, bahwa pengembangan kompetensi pedagogik dilakukan secara berkesinambungan oleh kepala sekolah/ lembaga dan guru. Pengembangan kompetensi pedagogik yang dilakukan guru sendiri yaitu dengan mengikuti penataran dan mengikuti seminar/diskusi, memanfaatkan media cetak/media massa dan media elektronik, pengembangan kompetensi pedagogik melalui belajar sendiri, mengikuti kursus dan aktif dalam organisasi keguruan yang berkaitan dengan pengelolaan pembelajaran. Sedangkan upaya lembaga pendidikan dan kepala sekolah mengadakan lokarya (workshop), melakukan supervisi (pengawasan) terhadap kinerja dan kedisplinan guru, mendukung ide-ide baru dari guru, memotivasi guru untuk membuat karya tulis ilmiah, mengadakan rapat guru, mengadakan penilaian terhadap tugas guru dan memberikan penghargaan pada guru yang berprestasi.
Copyrights © 2023