Madaniya
Vol. 5 No. 1 (2024)

Sosialisasi dan Pelatihan Digital Marketing, Branding, Manajemen Keuangan dan Sertifikasi Halal pada UMKM Desa Maredan Barat

Syofiatul Safitri (Universitas Riau)
Agnesia Gian Marcheren (Universitas Riau)
Alifa Fauziah (Universitas Riau)
Audrey Dwi Rahma (Universitas Riau)
Lala Putri Guci (Universitas Riau)
Maya Risma Wijayanti (Universitas Riau)
Sephia Amanda (Universitas Riau)
Sindy Novelia (Universitas Riau)
Ully Hasanah (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
26 Feb 2024

Abstract

Sosialisasi dan pelatihan ini dilakukan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat khususnya kepada para pelaku UMKM yang berada di Desa Maredan Barat. Dari identifikasi yang telah dilakukan diketahui bahwa promosi yang dilakukan masih dengan cara tradisional serta pemasaran yang dilakukan masih di sekitaran kampung saja. Selain itu para pelaku UMKM juga tidak mencatat laporan keuangan mereka. Maka dari itu dengan adanya sosialisasi dan pelatihan ini diharapkan dapat menambah pengetahuan serta pemahaman para pelaku UMKM di Desa Maredan Barat agar dapat mengoptimalkan potensi bisnis yang dimiliki. Hasil dari sosialisasi ini yaitu para pelaku UMKM sangat antusias mengikuti seluruh pelatihan yang dilaksanakan berupa digital marketing, branding, manajemen keuangan dan sertifikasi Halal bagi produk UMKM Desa Meredan Barat. Para pelaku UMKM juga didampingi untuk pengurusan Sertifikasi Halal sesuai dengan persyaratan sertifikasi halal yang ditetapkan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) dan keputusan penetapan kehalalan produk oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science

Description

Madaniya (ISSN 2721-4834) adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel tentang pengabdian kepada masyarakat dalam perspektif multidisiplin ilmu. Jurnal ini merupakan wadah untuk para akademisi, praktisi, dan masyarakat untuk mengeksplorasi isu-isu dan praktik yang berkaitan dengan penelitian, ...