Madaniya
Vol. 5 No. 2 (2024)

Pelatihan Literasi Baca Bermuatan Pendidikan Inklusif pada Anak Asli Papua Suku Asmat

Novike Bela Sumanik (Universitas Musamus)
Selestina Kostaria Jua (Universitas Musamus)
Leonora Puspa (Universitas Musamus)



Article Info

Publish Date
27 May 2024

Abstract

Literasi baca perlu diterapkan sedari dini, karena merupakan periode emas dalam perkembangan otak manusia. Membaca merupakan dasar yang perlu dibangun. Pemberantasan buta aksara merupakan program pendidikan non formal dimana pemerintah berupaya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat serta mengentaskan kebodohan dan kemiskinan. Daerah Onggatmit Merauke, Papua Selatan merupakan daerah yang didiami oleh Orang Asli Papua dari suku Asmat atau yang dikenal dengan daerah Primapun. Kondisi sosial masyarakat pada daerah ini masih memiliki perekonomian dalam kategori kurang mampu, yang berdampak bagi anak-anak. Hal ini dikarenakan anak-anak harus membantu orang tua dalam bekerja, oleh karena itu kebutuhan belajar dikesampingkan. Akibatnya anak-anak suku Asmat Primapun memiliki literasi baca yang rendah, terlebih terdapat anak-anak yang buta aksara. Upaya untuk membantu memberantas buta aksara perlu mendapatkan perhatian serius. Peningkatan pengetahuan bagi anak-anak suku Asmat di Merauke sangat diperlukan, salah satunya dengan pelatihan literasi baca bermuatan pendidikan inklusif. Tahapan pengabdian ini ada 5 tahap meliputi tahap persiapan, tahapan penyusuan bahan pelatihan, tahap sosialisasi, tahap implementasi, tahap monitoring dan evaluasi. Jumlah anak-anak yang mengikuti pelatihan sebanyak 40 anak. Metode pelatihan adalah observasi, ceramah, persiapan alat dan bahan, pelatihan, pendampingan, diskusi dan evaluasi. Pengabdian ini berlangsung selama 1 bulan dari bulan November hingga Desember 2023. Kegiatan pengabdian ini telah berjalan dengan lancar terbukti tercapainya indikator luaran yaitu mampu mengenali huruf, mampu mengeja, dan mampu membaca.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science

Description

Madaniya (ISSN 2721-4834) adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel tentang pengabdian kepada masyarakat dalam perspektif multidisiplin ilmu. Jurnal ini merupakan wadah untuk para akademisi, praktisi, dan masyarakat untuk mengeksplorasi isu-isu dan praktik yang berkaitan dengan penelitian, ...