Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
Vol. 13 No. 1 (2024): Maret 2024

PENGARUH MODEL FUN LEARNING TERHADAP HASIL DAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 3 SUKAWATI

Ni Kadek Putri Dwiani (Universitas PGRI Mahadewa Indonesia)
I Made Surat (Universitas PGRI Mahadewa Indonesia)
Ni Wayan Sunita (Universitas PGRI Mahadewa Indonesia)
N. Putri Sumaryani (Universitas PGRI Mahadewa Indonesia)
Nyoman Parmithi (Universitas PGRI Mahadewa Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model Fun Learning terhadap hasil dan minat belajar matematika kelas X. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMK Negeri 3 Sukawati pada semester genap 2022/2023 yang memiliki sepuluh kelas dan dipilih 2 kelas secara random sampling sebagai sampel penelitian, satu kelas sebagai kelas eksperimen yang menerima perlakuan model Fun Learning dan satu kelas sebagai kelas kontrol yang menerima perlakuan model pembelajaran konvensional. Desain penelitian yang digunakan yaitu Nonequivalent Post Test Only Control Group Design. Analisis yang digunakan untuk hipotesis satu dan hipotesis dua ialah uji t-test dan analisis untuk hipotesis tiga ialah uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil antara kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 71,32 dan kelas kontrol dengan nilai rata-rata 63,84. Pada minat belajar siswa juga memiliki perbedaan, kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 68,28 dan kelas kontrol dengan nilai 62,4. Dengan adanya perbedaan nilai hasil dan minat belajar antara model Fun Learning dan model pembelajaran konvensional, dapat disimpulkan jika model Fun Learning memiliki pengaruh terhadap hasil dan minat belajar matematika siswa di SMK Negeri 3 Sukawati.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

emasains

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education Environmental Science Mathematics

Description

Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains is a mathematics and science education journal which published and managed by the FKIP Education University PGRI Mahadewa Indonesia. This journal is published twice a year, namely March and September. Contains Indonesian-language writings derived from ...