JKMS : Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol 11, No 1 (2022): Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS)

REPRESENTASI NILAI-NILAI CINTA DALAM NOVEL OBSESSIVE LOVE KARYA SHIREISHOU (STUDI ANALISIS SEMIOTIKA FERDINAND DE SAUSSURE)

Amanda Amanda (Universitas Riau)
Tutut Ismi Wahidar (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2022

Abstract

Novel adalah karya sastra dalam bentuk media cetak ataupun elektronik yang mengkomunikasikan amanat dan nilai-nilai kehidupan didalamnya, salah satunya ialah nilai cinta, salah satu novel yang membahas nilai cinta, adalah novel obsessive love karya shireishou yang terbit di tahun 2020. Novel ini terinspirasi dari kisah nyata dan pernah memenangkan penghargaan Scarlet Pen Awards 2021 yaitu penghargaan terhadap buku dengan genre fiksi kriminal di Indonesia, novel ini mengisahkan bagaimana pemulihan trauma korban kekerasan seksual melalui nilai-nilai cinta, hal ini membuat peneliti tertarik untuk mengetahui bagaimana novel obsessive love merepresentasikan nilai-nilai cinta melalui cerita yang disampaikannya. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan representasi nilai-nilai cinta melalui analisis semiotika Ferdinand De Saussure pada novel obsessive love karya Shireishou. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, teori semiotika Ferdinand De Saussure digunakan untuk menganalisis hasil temuan, Hasil penelitian ini menunjukkan adanya nilai-nilai cinta dalam novel obsessive love yaitu nilai cinta berdasarkan beberapa objeknya menurut teori cinta Erich Fromm yaitu nilai cinta kepada Tuhan, ibu, diri, sesama manusia, dan cinta erotis. Yang diperoleh melalui analisis semiotika Ferdinand De Saussure, berdasarkan konsep penanda dan petanda.Kata Kunci: Representasi, Nilai-nilai cinta, Obsessive Love, Novel

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JKMS

Publisher

Subject

Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS) accepts all research and scientific papers from researcher, academics, practitioners who work in the field of media and communication applied studies which may include to these fields: Journalism Public relations Phenomenology Studies Marketing Communication ...