JKMS : Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol 8, No 2 (2019)

MOTIVASI WARGANET DALAM MENJADI TOP COMMENT DI KOLOM KOMENTAR INSTAGRAM

Dendy Muris (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2019

Abstract

Instagram merupakan media sosial yang saat ini populer dan memiliki kekuatanberupa interaktivitas antar penggunanya. Instagram memiliki fitur yang dapat memungkinkanpembaca untuk dapat terhubung dengan saling memberikan respon atas konten yang ada,berupa likes dan komentar. Ketika warganet mendapatkan banyak respon, maka urutannyaakan menjadi teratas dan akan disebut sebagai top comment. Walaupun penelitian ini masihsebatas studi awal (preliminary research), hasilnya akan mengungkap bagaimana motivasiwarganet untuk menjadi seorang top comment di kolom komentar Instagram. Dengan konsepmedia enjoyment, teori uses and gratifications, dan metode kuantitatif deskriptif, hasilpenelitian menunjukkan bahwa rata-rata responden menganggap menjadi seorang topcomment seolah menjadi ajang persaingan baru bagi warganet untuk mendapatkanpopularitas, berupa kepuasan dan pengalaman menyenangkan dalam mengonsumsi media.Saran untuk penelitian selanjutnya adalah agar dapat mengkaji lebih dalam mengenai polakomunikasi dan konteks dari komentar-komentar yang ada.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JKMS

Publisher

Subject

Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS) accepts all research and scientific papers from researcher, academics, practitioners who work in the field of media and communication applied studies which may include to these fields: Journalism Public relations Phenomenology Studies Marketing Communication ...