Ase Journal
Vol. 2 No. 01 (2023): JUNI

Analisis Kinerja Kelompoktani Jagung Hibrida Dalam Menunjang Peningkatan Pendapatan Petani (Studi Kasus Kelompoktani Jagung Hibrida di Desa Bulo-Bulo, Kecamatan Arungkeke)

Zelviyani (Dinas Pertanian Jeneponto)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Jeneponto sebagai bagian dari Provinsi Sulawesi Selatan yang hampir sebagian penduduknya berpenghasilan sebagai petani dan salah satu komoditi yang terus dikembangkan adalah Jagung Hibrida. Dilihat dari topografi wilayah, Kabupaten Jeneponto memiliki wilayah hampir sebagian dataran dengan kondisi alam yang cenderung kering. Kabupaten Jeneponto merupakan salah satu dari 9 Kabupaten yang ada di Sulawesi Selatan sebagai daerah target pengembangan di Indonesia. Oleh sebab itu sebagai penulis menunjuk Jeneponto untuk dijadikan tempat penelitian yang berjudul analisis kinerja kelompoktani jagung hibrida dalam menunjang peningkatan produksi dan pendapatan petani studi kasus kelompoktani jagung hibrida di Desa Bulo-Bulo, Kecamatan Arungkeke, Kabupaten Jeneponto dengan tujuan mengetahui tingkat kinerja kelompoktani yang aktif dan pasif ditiap indikator yang ditetapkan peneliti dalam meningkatkan pendapatan produksi usahatani jagung hibrida serta bahan masukan/informasi bagi pengurus kelompoktani dalam menilai kinerja yang telah dilakukan oleh anggotanya. Penelitian ini dilakukan di Desa Bulo-Bulo, Kecamatan Arungkeke, Kabupaten Jeneponto dengan jumlah sampel kelompoktani berjumlah 10 dengan masing-masing anggota sebanyak 25 orang. Sumber data yang akan digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder yang ada hubungannya dengan penelitian ini. Pada penelitian ini, penulis menggunakan analisis kualitatif untuk mengecek kinerja petani antara kelompoktani aktif dan pasif serta analisis kuantitatif digunakan untuk menghitung perbedaan pendapatannya. Berdasarkan hasil penelitian kinerja dan pendapatan mengikuti kegiatan kelompok sebanyak 76 % lebih tinggi dibanding anggota yang pasif sebanyak 24%. Tingginya tingkat produksi yang diperoleh anggota yang aktif disebabkan karena mereka aktif melakukan kerjasama dalam kelompok maupun antar kelompok lainnya, aktif mencari informasi yang berkaitan dengan peningkatan produksi, aktif melakukan pertemuan mencari solusi dalam berusahatani dan aktif menerapkan teknologi sesuai dengan rekomendasi yang diberikan oleh penyuluh pertanian.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ASEJournal

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology

Description

Agribusiness and Socioeconomic Journal (ASE Journal) menerbitkan artikel-artikel di bidang Agribisnis, Sosial, dan Ekonomi Pertanian. ASE Journal diterbitkan oleh Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Islam Makassar dan merupakan jurnal ilmiah berskala agribisnis dan sosial ekonomi ...