AbstrakTujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan modifikasi bola plastik terhadap peningkatan teknik dasar servis bawah dalam permainan bola voli mini pada siswa kelas V SDN 1 Tapa. Hipotesis terhadap penelitian sebagai berikut: “Jika modifikasi bola plastik diterapkan, maka teknik dasar siswa kelas V di SDN 1 Tapa pada materi servis bawah dalam permainan bola voli mini akan meningkat”. Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas V SDN 1 Tapa dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahapan, yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan Tindakan, (3) Observasi Dan Interprestasi, dan (4) Analisis dan Refleksi. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dan pembahasan yang telah diungkapkan pada pembahasan sebelumnya, diperoleh simpulan bahwa: Pembelajaran melalui modifikasi bola plastik, dapat meningkatkan teknik dasar servis bawah dalam permainan bola voli mini pada siswa kelas V SDN 1 Tapa. Pembelajaran melalui penerapan modifikasi bola plastik, dapat meningkatkan teknik dasar servis bawah dalam permainan bola voli mini pada siswa kelas V SDN 1 Tapa. Dari hasil analisis yang diperoleh peningkatan yang signifikan dari siklus I dan siklus II. Servis bawah dalam permainan bola voli mini pada siklus I dalam kategori tuntas adalah 43.75% jumlah siswa yang tuntas adalah 7 siswa. Pada siklus II terjadi peningkatan persentase hasil belajar siswa dalam kategori tuntas sebesar 100%, sedangkan siswa yang tuntas 16 siswa.Kata Kunci: Servis Bawah, Bola Voli Mini, Bola PlastikAbstractThe purpose of this study was to determine the application of plastic ball modification to improve the basic technique of lower serve in mini volleyball game for fifth grade students of SDN 1 Tapa. The hypothesis of the research is as follows: "If the plastic ball modification is applied, the basic techniques of grade V students at SDN 1 Tapa in the material of the lower serve in the mini volleyball game will improve". Classroom action research on grade V students of SDN 1 Tapa was carried out in two cycles. Each cycle consists of four stages, namely: (1) Planning, (2) Implementation of Action, (3) Observation and Interpretation, and (4) Analysis and Reflection. Based on the data analysis that has been carried out and the discussion that has been revealed in the previous discussion, it is concluded that: Learning through plastic ball modification, can improve the basic technique of lower serve in mini volleyball game for fifth grade students of SDN 1 Tapa. Learning through the application of plastic ball modifications, can improve the basic techniques of the lower serve in the mini volleyball game for fifth grade students of SDN 1 Tapa. From the results of the analysis obtained a significant increase from cycle I and cycle II. The lower serve in the mini volleyball game in cycle I in the complete category was 43.75% the number of students who completed was 7 students. In cycle II there was an increase in the percentage of student learning outcomes in the complete category of 100%, while 16 students were complete. Keywords:Bottom Serve, Mini Volleyball, Plastic Balls
Copyrights © 2023