cover
Contact Name
Haerul Ikhsan
Contact Email
haerulikhsan@ung.ac.id
Phone
+6285299978458
Journal Mail Official
japes@ung.ac.id
Editorial Address
Jl. Jendral Sudirman No.6 Kota Gorontalo
Location
Kota gorontalo,
Gorontalo
INDONESIA
Jambura Arena of Physical Education and Sports
ISSN : -     EISSN : 2986318X     DOI : -
Core Subject : Education,
Jambura Arena of Physical Education and Sports JAPES is a peer reviewed journal published by Physical Education, Healt and Recreation program JAPES published two times a year in April and October This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge The aims of this journal is to provide a venue for academicians researchers and practitioners for publishing the original research articles or review articles The scope of the articles published in this journal deals with a broad range of topics in the fields of sports training science Sports Coaching Biomechanics History and Philosophy in Sport Measurement and Evaluation in Physical Education and Sport Motor Control and Learning Motor Development Olympic and Paralympic Games Pedagogy Physical Education Elementary Secondary and Adaptive Psychology Physiology Recreation and Leisure Studies Sport for all Sport Therapy and Rehabilitation Sociology and Cultural Anthropology Sport Finance and Marketing Sport Law and Governance Sport Management Sport Medicine The articles published in JAPES are going through a double blind peer review process. Hence the decision on whether the scientific article is accepted or not will be the Editorial Boards right based on the peer reviewers recommendation Please read and understand the author guidelines for preparation manuscript The author who submits a manuscript to the editors should comply with the author guidelines and template If the submitted manuscript does not comply with the guidelines or using a different format it will be rejected by the editorial team before being reviewed Editorial Team will only accept a manuscript that meets the specified formatting requirements.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 22 Documents
KEBIJAKAN PEMERINTAH KOTA SUKABUMI TENTANG PENYEDIAAN SARANA DAN PRASARANA OLAHRAGA PUBLIK Indra Ramadhan; Aridaya Yohhandi
Jambura Arena of Physical Education and Sports Vol 1, No 1 (2022): Oktober
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/japes.v1i1.21670

Abstract

Salah satu kebijakan pemerintah dalam hal pemenuhan kebutuhan rakyat adalah tersedianya sarana dan prasarana olahraga yang dapat digunakan oleh masyarakat secara umum. Setiap kebijakan yang diputuskan terdapat beberapa kekurangan yang harus diidentifikasi dan dievaluasi agar kebijakan tersebut tepat sasaran. Sehingga perlu adanya sebuah penilian dalam bentuk studi evaluasi terkait kebijakan pemerintah daerah yang mengatur penyediaan fasilitas olahraga bagi publik yang dapat dimungkinkan adanya perbaikan dan mengeluarkan kebijakan yang baru sehingga kebijakan tersebut lebih efektif dan tepat sasaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kebijakan Pemerintah Kota Sukabumi mengenai penyediaan, pengelolaan dan pemanfaatan sarana dan prasarana olahraga di Kota Sukabumi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif verifikatif. Kebijakan pemerintah tentang penyediaan Sarana dan Prasarana olahraga public merupakan subjek penelitian ini. Sumber data pada penelitian ini adalah informasi yang diberikan oleh Walikota Sukabumi, Kepala Disporapar, para Camat dan Lurah se Kota Sukabumi, dan dokumen peraturan daerah kota Sukabumi yang berkaitan dengan olahraga. Pengambilan sampel menggunakan snowball sampling. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan wawancara mendalah, observasi, mengkaji dokumen dan arsip. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan ketersediaan sarana dan prasarana olahraga publik di Kota Sukabumi jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, meskipun  ketersediaannya belum merata pada setiap kecamatan. Ketersediaan sarana dan prasarana olahraga juga tidak diikuti dengan pemahaman masyarakat mengenai fungsi dan tujuan tersedianya sarana dan prasarana olahraga, sehingga kondisi sarana dan prasana olahraga tidak terawat, bahkan dimanfaatkan bukan untuk keperluan kegiatan olahraga. Perlu adanya pengelolaan yang ideal dan faktual terhadap sarana dan prasarana olahraga sehingga semua masyarakat bisa menggunakan sarana dan prasarana olahraga yang tersedia di Kota Sukabumi dengan maksimal.
PENGEMBANGAN SENAM KREASI DANCHA PADA PEMBELAJARAN SENAM IRAMA MAHASISWA ANGKATAN 2021 PRODI PENJASKESREK UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO Sartika Sartika; Hariadi Said; Asry Syam
Jambura Arena of Physical Education and Sports Vol 2, No 1 (2023): April
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/japes.v2i1.21330

Abstract

Pengembangan senam kreasi Dancha pada pembelajaran senam irama mahasiswa angkatan 2021 prodi penjaskesrek universitas negeri gorontalo. Program studi S1 pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi, jurusan pendidikan keolahragaan. Penelitian ini bertujuan untuk membuat dan mengembangkan senam kreasi Dancha (Dana-dana chacha) pada pembelajaran senam irama mahasiswa prodi penjaskesrek yang dapat digunakan untuk mendukung pembelajaran sehingga membuat para pengajar dapat lebih mudah menyampaikan materi yang di ajarkan. Senam kreasi dancha ini juga memberikan wawasan kepada peserta didik dengan budaya yang ada di provinsi gorontalo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian (RD) penelitian ini dikembangkan dengan menggunakan lima langka model pengembangan ADDIE, yaitu 1.) analize 2.) design 3.) development 4.) implemention 5.) evaluasi.  Teknik pengambilan data yang digunakan dengan wawancara, obsesvasi dan kuesioner. Penelitian ini menghasilkan senam kreasi dancha pada pembelajaran senam irama mahasiswa prodi penjaskesrek dalam bentuk media pembelajaran berupa video yang dimana mengandung musik, tulisan dan gambar. Berdasarkan validasi yang telah dilakukan oleh peneliti pada 3 ahli yaitu: ahli senam, ahli pembelajaran, dan ahli multy-media menghasilkan nilai interval ˃4 dengan kategori sangat layak, hasil validasi menunjukkan produk pengembangan senam kreasi dancha pada pembelajaran senam irama mahasiswa prodi penjaskesrek yang dibuat oleh peneliti layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran senam irama pada prodi penjaskesrek universitas negeri gorontalo.
PENGARUH LATIHAN OLAHRAGA TRADISIONAL TEROMPAH PANJANG TERHADAP KEBUGARAN JASMANI SISWA DI SDN 70 KOTA TENGAH Muhammad Faisal Lutfi Amri; Anggraeni Anggraeni; Haerul Ikhsan; Juni Isnanto; Al Ilham
Jambura Arena of Physical Education and Sports Vol 1, No 1 (2022): Oktober
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/japes.v1i1.16653

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian data pretest pada tes balance tes menunjukkan nilai tertinggi 32,42 dan nilai terendah 10,22, dilakukan analisis di peroleh nilai rata-rata 19,03 dan nilai standar deviasi 5,87. Sedangkan pada data posttest menunjukkan nilai tertinggi 39,42 dan nila terendah 20,13. Setelah dilakukan analisis di peroleh nilai rata-rata 26,84 dan nilai standar deviasi 5,29. Hal ini menunjukkan bahwa responden yang menjadi sampel dalam penelitian ini memperoleh peningkatan hasil rata-rata dan tes awal sampel dengan tes akhir. Berdasarkan hasil penelitian data pretest pada tes vertical jump menunjukkan nilai tertinggi 42 dan nilai terendah 13, dilakukan analisis di peroleh nilai rata-rata 25,14 dan nilai standar deviasi 5,91. Sedangkan pada data posttest menunjukkan nilai tertinggi 45 dan nila terendah 21. Setelah dilakukan analisis di peroleh nilai rata-rata 31,24 dan nilai standar deviasi 5,30. Hal ini menunjukkan bahwa responden yang menjadi sampel dalam penelitian ini memperoleh peningkatan hasil rata-rata dan tes awal sampel dengan tes akhir. Dari hasil pengujian pretest dan posttest menunjukkan harga thitung untuk balance tes sebesar 21,42. Sedangkan dari daftar distribusi diperoleh ttabel 1,72. Ternyata thitung telah berada didalam daerah penerimaan Ha.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan tidak dapat menrima Ho. Dari hasil pengujian hasil pretest dan posttest menunjukkan harga thitung untuk vertical jump sebesar 20,87. Sedangkan dari daftar distribusi diperoleh ttabel 1,72. Ternyata thitung telah berada didalam daerah penerimaan Ha. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan tidak dapat menerima Ho.  Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap latihan olahraga tradisional terompah panjang terhadap kebugaran jasmani siswa di SDN 70 Kota Tengah. Sehingga hipotesis penelitian yang berbunyi terdapat pengaruh latihan olahraga tradisional terompah panjang terhadap kebugaran jasmani siswa kelas V  di SDN 70 Kota Tengah.
Efektivitas Media Pembelajaran melalui Website dan Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Menengah Pertama Al Ilham
Jambura Arena of Physical Education and Sports Vol 1, No 1 (2022): Oktober
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/japes.v1i1.24663

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan materi pembelajaran berbasis website dan video terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PJOK khususnya fokus materi permainan bola kecil dengan menggunakan model PBL pada kelas VII.3 SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan sasaran khusus siswa kelas VII.3 SMP Negeri 11 Kota Bengkulu yang berjumlah 39 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, siklus pertama dilaksanakan pada pertemuan 1 dan 2, dan siklus kedua dilaksanakan pada pertemuan 3 dan 4. Setiap siklus meliputi empat tahapan penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Untuk mengumpulkan data penelitian digunakan tiga instrumen, antara lain lembar observasi, tes tertulis, dan dokumentasi. Data kualitatif yang diperoleh dari instrumen tersebut dianalisis dengan menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas VII.3 SMP Negeri 11 Kota Bengkulu sudah menunjukkan peningkatan ketika menggunakan model PBL, terbukti dari hasil kondisi awal, siklus I, dan siklus II.
PENGARUH LATIHAN JUMP TO BOX TERHADAP KEMAMPUAN LOMPATAN BLOCK PADA PERMAINAN BOLA VOLI Theofhilus Adie Christanatha; Suriyadi Datau; Rosbin Pakaya; Haerul Ikhsan; Joni Taufik Hidayat
Jambura Arena of Physical Education and Sports Vol 2, No 2 (2023): Oktober
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/japes.v2i2.23174

Abstract

AbstrakTujuanl penelitianl inil adalahl untukl mengetahuil pengaruhl latihanl jump to box terhadapl kemampuanl lompatan block padal permainanl bolal voli putra tin B Desa Harapan. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalahl terdapatl pengaruhl latihanl jump to box terhadapl kemampuanl lompatanl block padal permainan bola voli putra Tim B Desa Harapan. Denganl jenisl desainl yangl digunakanl adalahl onel group pretestl and posttestl design.Berdasarkanl hasill pengujianl yang telahl dilakukanl dapatl diketahuil pula seluruhl variabell memilikil populasil yang homogenl dan memilikil populasil yang berdistribusil normal. Hasill pengujianl tes awall dan tes akhirl denganl menggunakanl uji t menunjukanl hasill Thitung sebesar 9,597 sedangkanl nilai Ttabell sebesarl 1,796. Ternyatal nilai Thitungl lebih besarl dari nilai Ttabel, sehinggal Thitungl telahl beradal di luarl daerahl penerimaanl Ho. Jadil dapatl disimpulkan bahwal terdapatl pengaruhl latihan jumpl to box terhadapl kemampuanl lompatan block pada permainan bola voli putra Tim B Desa Harapan.Dalam penerapan latihanl jump to box pada peningkatan kemampuan lompatan block pada permainan bola voli sangat memberikan pengaruh. Sehingga dapatl disimpulkanl bahwal latihanl jump to box memiliki pengaruhl yangl signifikan pada kemampuan lompatan block pada permainan bola voli.Kata Kunci: Jump To Box1, Block2, Permainan Bola Voli3 AbstractThe aim of this research is to determine the effect of jump to box training on the blocking jump ability in male volleyball players of Team B, Harapan Village. The research action hypothesis in this study is that there is an effect of jump to box training on the blocking jump ability in male volleyball players of Team B, Harapan Village. The research design used was a one-group pretest and posttest design.Based on the test results conducted, it can be determined that all variables had a homogeneous population and a normally distributed population. The results of the initial and final tests using the t-test showed a calculated t-value of 9.597, while the t-table was 1.796. It turned out that the calculated t-value was greater than the t-table, indicating that the calculated t-value fell outside the region of acceptance of the null hypothesis (Ho). Therefore, it can be concluded that there is an influence of jump to box training on the blocking jump ability in male volleyball players of Team B, Harapan Village.The implementation of jump to box training has a significant impact on improving blocking jump ability in volleyball. Thus, it can be concluded that jump to box training has a significant influence on the blocking jump ability in volleyballKeywords: Jump To Box1, Block2, Volleyball Game3.
HUBUNGAN DAYA LEDAK OTOT LENGAN DAN OTOT PERUT DENGAN LEMPARAN KE DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA Ruslan Ruslan; Ayyub Adam; Joni Taufik Hidayat; Haerul Ikhsan
Jambura Arena of Physical Education and Sports Vol 2, No 1 (2023): April
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/japes.v2i1.21338

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara daya ledak otot lengan dengan lemparan ke dalam pada permainan sepakbola pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Buntulia. Untuk mengetahui hubungan antara kekuatan otot perut dengan lemparan ke dalam pada permainan sepakbola pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Buntulia. Untuk mengetahui hubungan antara daya ledak otot lengan dan otot perut dengan lemparan ke dalam pada permainan sepakbola pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Buntulia. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode deskriptif korelasional. dalam penelitian ini populasinya adalah siswa ekstrakurikuler putra SMA Negeri 1 Buntulia yang berjumlah 20 siswa. Yang menjadi sampel ada 20 siswa putra. Sebelum melakukan uji analisis terlebih dahulu dilakukan sejumlah uji persyaratan untuk mengetahui kelayakan data serta sumbangan X dan Y. Uji persyaratan tersebut meliputi beberapa tahap uji dengan menggunakan rumus sebagai berikut: uji normalitas data, uji homogenitas varians, uji linieritas, uji keberartian model garis regresi, uji f, sumbangan predictor Berdasarkan analisis data dari penelitian kontribusi daya ledak otot lengan dan otot perut terhadap lemparan ke dalam pada siswa putra SMA Negeri 1 Buntulia. Maka dapat disimpulkan: Terdapat hubungan yang signifikan antara daya ledak otot lengan terhadap lemparan ke dalam pada siswa putra SMA Negeri 1 Buntulia dengan nilai koofisien r=0,984 dimana keeratan hubungan sangat tinggi. Terdapat hubungan yng signifikan antara otot perut terhadap lemparan ke dalam pada siswa putra SMA Negeri 1 Buntulia dengan nilai koofisien r=0,405 dimana keeratan hubungan rendah. Terdapat hubungan yang signifikan antara daya ledak otot lengan dan otot perut secara bersama-sama terhadap lemparan ke dalam pada siswa putra SMA Negeri 1 Buntulia dengan nilai koofisien korelasi ganda R=0,968 dimana keeratan hubungan tinggi.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POLA GERAK DOMINAN TERHADAP HASIL BELAJAR FORWARD ROLL SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR Zulkifli Lamusu
Jambura Arena of Physical Education and Sports Vol 2, No 1 (2023): April
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/japes.v2i1.21328

Abstract

Tujuan dari pada penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran pola gerak dominan terhadap hasil belajar forward roll siswa kelas IV sekolah dasar. Metode dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan pengambilan sampel menggunakan total sampling yaitu seluruh siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 03 Dulupi Kecamatan Dulupi Kabupaten Boalemo yang berjumlah 14 orang. Metode penelitian yang digunakan yaitu uji t dengan perolehan skor data variabel X1 tertinggi adalah 80, dan skor yang terendah yaitu 40. Setelah dilakukan analisis diperoleh nilai rata-rata 60 dan nilai varians sebesar 246.2 serta standar deviasi sebesar 15.69. Selanjutnya pada data variabel X2 diperoleh skor tertinggi 100 dan skor terendah 60. Setelah dilakukan analisis diperoleh skor rata-rata 88.57 sedangkan nilai varians sebesar 167.03 dan niai standar deviasi sebesar 12.92. Dari skor di atas di peroleh harga  = 10.42 dan  pada α 0,05; dk = n- 1 (14 – 1 = 13) ditemukan harga 3.01 dengan demikian lebih besar dari  (  = 10.42  = 3.01). Berdasarkan kriteria pengujian, terima   jika . Dengan demikian maka dapat disimpukan bahwa model pembelajaran pola gerak dominan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar forward roll.
Meningkatkan Hasil Belajar Permainan Tradisional Benteng Melalui Metode Demonstrasi Haerul Ikhsan
Jambura Arena of Physical Education and Sports Vol 1, No 1 (2022): Oktober
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/japes.v1i1.24689

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk seperti apa penerapan metode demonstrasi terhadap peningkatan hasil belajar permainan tradisional benteng pada siswa kelas Kelas VII SMP Negeri 2 Pulubala. Hipotesis penelitian sebagai berikut: “Jika metode demonstrasi diterapkan, maka hasil belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Pulubala pada permainan tradisional akan meningkat”. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar permainan tradisional benteng melalui metode demonstrasi dapat meningkat pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pulubala. Peningkatan kemampuan permainan tradisional benteng dapat dilihat dari nilai pada siklus I sampai siklus II. Pada aspek kognitif dari 40,8 pada kondisi awal menjadi 68 pada akhir siklus I kemudian dilanjutkan ke siklus II dan meningkat menjadi 85,6 pada akhir siklus II. Pada aspek afektif dari dari 45,45 pada kondisi awal menjadi 68 pada akhir siklus I kemudian dilanjutkan ke siklus II dan meningkat menjadi 82,18 pada akhir siklus II. Dan pada aspek psikomotor dari 44 pada kondisi awal menjadi 65,07 pada akhir siklus I kemudian dilanjutkan ke siklus II dan meningkat menjadi 81,07 pada akhir siklus II. Data tersebut menunjukkan peningkatan permainan tradisional benteng pada observasi awal sampai dengan siklus dua. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan penelitian sudah berhasil dengan baik, sesuai kriteria ketuntasan minimal yang telah ditetapkan, dan sesuai dengan tujuan pembelajaran yaitu meningkatkan hasil belajar permainan tradisional benteng melalui metode demonstrasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pulubala.
PENGEMBANGAN SENAM KREASI DAERAH MELALUI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL (TIK-TOK DAN YOUTUBE KIDS) Ella H Tumaloto; Andika Lasimpala; Dedi Misnaidi
Jambura Arena of Physical Education and Sports Vol 1, No 1 (2022): Oktober
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/japes.v1i1.16626

Abstract

Senam kreasi merupakan senam yang diciptakan dari kreatifitas pencipta senam dengan memadukan unsur olahraga dan unsur-unsur lain, seperti unsur budaya dan unsur tari. Melalui senam kreasi ini anak dapat menggerakkan seluruh anggota badannya dan juga dapat mengenal unsur budaya daerah. Senam kreasi daerah (Bungo Jeumpa dan Butaku Kosuai) merupakan senam kreasi daerah yang diadopsi dari gerakan tari asal daerah Aceh dan tari asal daerah Toli-Toli (Sulawesi Tengah) melalui media sosial yaitu tik-tok dan youtube kids. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah RD dengan model ADDIE serta menggunakan dua anilisis teknik pengumpulan data yaitu secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil rekapan dari uji hipotesis dari aspek kognitif, aspek  psikomotor, dan aspek afektif pada senam kreasi daerah dengan syarat Berdasarkan kriteria pengujian pada senam kreasi daerah Bungo Jeumpa bahwa tolak Ho ; jika thitung ttabel (28,53;Aspek Kognitif 30,63;Aspek Psikomotor dan 31,79;Aspek Afektif)  lebih besar dari 1,72 pada α = 0,05; n-1 (22-1=21), sedangkan untuk untuk senam kreasi Bungo Jeumpa (31,99;Aspek Kognitif 32,68;Aspek Psikomotor dan 20,91;Aspek Afektif) lebih besar dari 1,90 pada α = 0,05; n-1 (20-1=19) oleh karena itu hipotesis alternatif atau Ha dapat diterima karena harga t hitung telah berada diluar daerah penerimaan Ho (Hipotesis Nol), sehingga dapat dinyatakan bahwa pengembangan senam kreasi daerah dengan mengunakan media sosial di SDN 3 Tilango dan SDN 70 Kota Tengah dapat diterima dan digunakan pada proses pembelajaran PJOK.Creative gymnastics is gymnastics created from the creativity of gymnastics creators by combining sports elements and other elements, such as cultural elements and dance elements. Through this creative exercise, children can move all their limbs and can also get to know elements of regional culture. Regionally created gymnastics (Bungo Jeumpa and Butaku Kocustom) are regionally created gymnastics adopted from dance movements from the Aceh region and dances from the Toli-Toli region (Central Sulawesi) through social media, namely tik-tok and youtube kids. The method used in this research is RD with the ADDIE model and uses two data collection techniques analysis, namely qualitatively and quantitatively. The recap results of hypothesis testing from cognitive, psychomotor, and affective aspects of regional creative gymnastics with the condition that based on the test criteria on Bungo Jeumpa's creative gymnastics, reject Ho; if tcount ttable (28.53; Cognitive Aspect 30.63; Psychomotor Aspect and 31.79; Affective Aspect) is greater than 1.72 at = 0.05; n-1 (22-1=21), while for Bungo Jeumpa's creative exercise (31.99; Cognitive Aspect 32.68; Psychomotor Aspect and 20.91; Affective Aspect) is greater than 1.90 at = 0, 05; n-1 (20-1=19) therefore the alternative hypothesis or Ha can be accepted because the t-count price is outside the Ho acceptance area (Nil Hypothesis), so it can be stated that the development of regional creative gymnastics using social media at SDN 3 Tilango and SDN 70 Kota Tengah can be accepted and used in the Phyisical Education learning process.
PENERAPAN KOOPERATIF THINK-PAIR-SHARE TERHADAP PASSING DENGAN KAKI BAGIAN DALAM PADA PERMAINAN SEPAKBOLA Ronaldi Saipi; Ruslan Ruslan; Ella H. Tumaloto; Haerul Ikhsan; Joni Taufik Hidayat
Jambura Arena of Physical Education and Sports Vol 2, No 2 (2023): Oktober
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/japes.v2i2.23735

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mananggu dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahapan, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan interpretasi, dan (4) analisis dan refleksi. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dan pembahasan yang telah diungkapkan pada pembahasan sebelumnya, diperoleh simpulan bahwa: Pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair share, dapat meningkatkan hasil belajar passing dengan kaki bagian dalam pada permainan sepak bola pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mananggu. Dari hasil analisis yang diperoleh peningkatan yang signifikan dari siklus I dan siklus II. Hasil belajar passing dengan kaki bagian dalam pada permainan sepak bola pada observasi awal dengan rata-rata 50,79 meningkat menjadi 70,23 pada siklus I dengan jumlah siswa 18 orang. Pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 80,04. Kata Kunci: Passing Dengan Kaki Bagian Dalam, Permainan Sepak Bola, Think-Pair-Share  ABSTRACT This research is conducted using the classroom action research method. The classroom action research on class VIII students of SMP Negeri 1 Mananggu is carried out in two cycles. Each cycle consisted of four stages; (1) planning, (2) implementation, (3) observation and interpretation, and (4) analysis and reflection. Based on the data analysis and the discussion, it is concluded that: The implementation of the think-pair-share type of the cooperative learning model can improve the learning outcomes of inside foot passing in football for class VIII students at SMP Negeri 1 Mananggu. Based on the results, a significant improvement was obtained from cycle I and II. In the initial observation, the learning outcome was obtained with an average of 50.79 and was increased to 70.23 in cycle I with a total of 18 students. Furthermore, In cycle II there was an increase in student learning outcomes by 80.04. Keywords: Inside Foot Passing, Football, Think-Pair-Share

Page 1 of 3 | Total Record : 22