JURNAL ILMIAH CAHAYA PAUD
Vol 6, No 1 (2024): Jurnal Ilmiah Cahaya Paud (Edisi Mei)

PENGARUH APLIKASI CANVA TERHADAP MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RA PERWANIDA 1 PALEMBANG

Opi Afrima (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Lidia Oktamarina (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Nyayu Soraya (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)



Article Info

Publish Date
26 May 2024

Abstract

Rendahnya membaca anak mengenal huruf, menyebutkan, mengeja, mengenal bunyi menjadi 1 tujuan. Peneliti mengangkat penelitian yang berjudul Pengaruh Aplikasi Canva Terhadap Membaca Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun Di RA Perwanida 1 Palembang. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari aplikasi Canva terhadap membaca permulaan anak usia dini. Jenis dari penelitian ini yaitu Pre-Eksperimental dengan menggunakan desain One Group Pretest-Posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan tes. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Setelah dilakukan tes awal (pretest) dan test akhir (posttest), selanjutnya peneliti menganalisis semua hasil penelitian, dari penelitian ini dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara aplikasi Canva dalam meningkatkan membaca permulaan anak diperoleh thitung = 3,076 sedangkan ttabel = 2.16. Karena thitung ttabel (3,076 2,16), maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh aplikasi Canva terhadap membaca permulaan anak usia 4-5 tahun di RA Perwanida 1 Palembang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cahayapd

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

Jurnal Ilmiah Cahaya Paud adalah jurnal hasil penelitian lapangan, studi teoritis, ide-ide kreatif-inovatif, solutif, untuk masalah pendidikan anak usia dini dan pengembangan pengetahuan. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud adalah Jurnal bidang ke-paud-an yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Anak ...