Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra
Vol 10, No 1 (2023): April

Penggunaan Gaya Bahasa Iklan Produk Kecantikan pada Youtube dan Relevansinya sebagai Materi Pembelajaran SMP

Melia Dwi Renovriska (Universitas Perwira Purbalingga)
Tutut Tugiati (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2023

Abstract

Penelitian yang berjudul Analisis Penggunaan Gaya Bahasa Iklan Produk Kecantikan pada Youtube dan Relevansinya sebagai Materi Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama (SMP) ini membahas mengenai penggunaan gaya bahasa yang digunakan pada iklan produk kecantikan di youtube sekaligus relevansinya sebagai materi pembalajaran di SMP. Data pada penelitian ini berupa gaya bahasa yang digunakan pada iklan produk kecantikan, sedangkan sumber data diambil dari channel youtube Iklanesia High Definitiond. Metode teknik penyediaan data melalui 3 tahap yaitu metode simak dengan teknik dasar (sadap, simak bebas libat cakap, dan teknik catat). Metode dan teknik penganalisisan data yang digunakan yaitu metode padan, teknik dasar pilah unsur penentu (PUP), teknik lanjutan Hubungan Banding Menyamakan (HBS). Selanjutnya penyajian data pada penelitian ini menggunakan metode informal yaitu penyajian berupa perumusan dengan kata-kata. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan terdapat gaya bahasa yang digunakan pada iklan produk kecantikan di channel youtube Iklanesia High Definitiond berupa gaya bahasa pertanyaan retoris, asindenton, klimaks, mesodiplosis, dan personifikasi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

METAFORA

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra menyediakan forum untuk menerbitkan artikel dan laporan penelitian yang berfokus pada bidang: 1. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2. Kajian Linguistik Bahasa Indonesia 3. Kajian Sastra ...