Penelitian yang berjudul Analisis Penggunaan Gaya Bahasa Iklan Produk Kecantikan pada Youtube dan Relevansinya sebagai Materi Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama (SMP) ini membahas mengenai penggunaan gaya bahasa yang digunakan pada iklan produk kecantikan di youtube sekaligus relevansinya sebagai materi pembalajaran di SMP. Data pada penelitian ini berupa gaya bahasa yang digunakan pada iklan produk kecantikan, sedangkan sumber data diambil dari channel youtube Iklanesia High Definitiond. Metode teknik penyediaan data melalui 3 tahap yaitu metode simak dengan teknik dasar (sadap, simak bebas libat cakap, dan teknik catat). Metode dan teknik penganalisisan data yang digunakan yaitu metode padan, teknik dasar pilah unsur penentu (PUP), teknik lanjutan Hubungan Banding Menyamakan (HBS). Selanjutnya penyajian data pada penelitian ini menggunakan metode informal yaitu penyajian berupa perumusan dengan kata-kata. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan terdapat gaya bahasa yang digunakan pada iklan produk kecantikan di channel youtube Iklanesia High Definitiond berupa gaya bahasa pertanyaan retoris, asindenton, klimaks, mesodiplosis, dan personifikasi.
Copyrights © 2023