Kegiatan proses pembelajaran pada peserta didik kelas X-2 SMA Negeri 1 Kepanjen memiliki kendala yakni kurangnya minat peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia sehingga berpengaruh pada tingkat keaktifan serta hasil belajar peserta didik di dalam kelas rendah. Penelitian ini ditujukan untuk mencari tahu apakah dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan cara diskusi kelompok dapat berpengaruh terhadap keaktifan, berpikir kritis, kreatif, serta hasil belajar peserta didik yang berkualitas dengan proses pembelajaran yang menyenangkan. Adapun jenis metode yang dipakai pada penelitian ini yaitu deskripsi kualitatif dengan memakai data kualitatif untuk mengetahui dan mendeskripsikan tingkat keaktifan dan hasil belajar peserta didik selama proses pembelajaran bahasa Indonesia di kelas. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT di kelas X-2 SMA Negeri 1 Kepanjen secara keseluruhan berjalan sesuai dengan prosedur dengan melihat bahwa siswa lebih aktif saat pembelajaran dengan model TGT.
Copyrights © 2024