Shibyan: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Vol. 1 No. 1 (2023): Shibyan: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Meningkatkan Keunggulan Lembaga Pendidikan Islam Melalui Pengelolaan Manajemen Kurikulum

Dwi Rahmawati (Prodi PGMI Universitas Islam Nusantara, Bandung)
Shifa Lestari (Prodi PGMI Universitas Islam Nusantara, Bandung)
Najwa Syifa Alawiyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2023

Abstract

Sebuah lembaga pendidikan akan menjadi unggul apabila dapat menerapkan arah pendidikannya. Untuk itu diperlukan faktor pendukung, seperti kurikulum yang selaras dengan arah pendidikannya. Kurikulum merupakan faktor yang sangat penting dalam proses pembelajaran, sehingga dalam pelaksanaannya perlu dikelola dengan sistem manajemen. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tujuan, manfaat, prinsip, serta tahapan manajemen kurikulum dan program pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode penelitian kajian pustaka. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu mengeksplorasi data sesuai dengan pembahasan mengenai manajemen kurikulum dan program pembelajaran. Data penelitian diperoleh dari berbagai buku, literatur, dokumen, jurnal maupun artikel yang relevan dengan kajian. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis isi. Manajemen kurikulum merupakan proses mengelola kurikulum yang telah dirumuskan menggunakan metode agar tujuan kurikulum dapat tercapai. Tujuan dan manfaat manajemen kurikulum adalah untuk membantu menyukseskan proses pembelajaran. Dalam pelaksanaannya manajemen kurikulum memiliki prinsip produktivitas, demokratisasi, kooperatif, efektivitas dan efisiensi, serta mengarahkan visi, misi dan tujuan yang di tetapkan dalam kurikulum. Tahapan manajemen kurikulum, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi. Manajemen kurikulum merupakan faktor penting dalam keberhasilan pendidikan, kurikulum yang sesuai dengan arah pendidikan akan menghasilkan lulusan yang unggul. Oleh karena itu, pengelolaan kurikulum menjadi tanggung jawab perencana, pengembang, pelaksana dan pengawas pendidikan untuk memastikan bahwa pembelajaran berlangsung dengan baik dan mengarah pada pencapaian tujuan yang diinginkan, yang tercermin dalam perubahan perilaku siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JURSHIBYAN

Publisher

Subject

Education

Description

Shibyan: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (e-ISSN 3026-1104; p-ISSN 3026-0175) diterbitkan dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan bulan Desember oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Agama Islam Universitas Islam Nusantara Bandung. Menerbitkan artikel hasil ...