Shibyan: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Vol. 1 No. 2 (2023): Shibyan: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Pembelajaran Berbasis Islam Untuk Memperbaiki Tingkah Laku Peserta Didik SDI Al-Aziziyah Dalam Pandangan Filsafat Perenialisme

Nor Aida Amalia Putri (Universitas Trunojoyo Madura)
Dya A'yun (PGSD Universitas Trunojoyo, Madura)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2023

Abstract

Filsafat perenialisme adalah suatu cara berpikir  untuk menanamkan dalam diri peserta didik nilai-nilai yang kuat dan abadi tentang kebaikan manusia dan mengamalkan kehidupan bermoral dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran agama salah satu cara atau fondasi utama untuk membentuk pribadi yang baik, menjadikan seseorang yang baik, dan dapat diterima oleh lingkungan dan nilai-nilai luhur yang sesuai dengan ajaran agama. Di era modern, tingkat kesopanan generasi muda mulai menurun yang salah satunya disebabkan oleh kurangnya pemahaman agama,  dengan pembelajaran berbasis agama akan memiliki pengaruh signifikan terhadap tingkah laku peserta didik, membentuk landasan moral dan etika sesuai ajaran agama. Melalui ajaran-ajaran seperti akhlak, kedisiplinan, dan kesopanan. Penelitian ini di lakukan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis Islam dalam memperbaiki tingkah laku peserta didik di SDI Al Aziziyah. Hasil dari penelitian yang didapatkan adalah, adanya perubahan tingkah laku terhadap peserta didik menjadi lebih baik melalui penerapan pembelajaran berbasis Islam seperti pembiasaan menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa daerah halus, melaksanakan salat dhuha sebelum masuk kelas, hafalan juz amma, serta pembelajaran khusus budi pekerti 1 kali setiap minggu dengan pembelajaran berbasis IsIam ini menunjukkan adanya perubahan tingkah laku peserta didik menjadi lebih sopan, disiplin, dan berakhlakul karimah setiap harinya. Kata Kunci: Pembelajaran Islam, Perenialisme, Tingkah Laku, Peserta Didik

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JURSHIBYAN

Publisher

Subject

Education

Description

Shibyan: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (e-ISSN 3026-1104; p-ISSN 3026-0175) diterbitkan dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan bulan Desember oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Agama Islam Universitas Islam Nusantara Bandung. Menerbitkan artikel hasil ...